JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Hore!  Skybridge Penghubung Stasiun Solo Balapan – Terminal Tirtonadi Resmi Dibuka 24 Jam Penuh

Triawati
embatan penghubung antara Terminal Tirtonadi dan Stasiun Balapan (Skybridge) resmi dioperasikan 24 jam penuh per Jumat (1/3/2019). Triawati

SOLO , JOGLOSEMARNEWS.COM – Jembatan penghubung antara Terminal Tirtonadi dan Stasiun Balapan (Skybridge) resmi dioperasikan 24 jam penuh per Jumat (1/3/2019). Tidak hanya itu, skybridge juga dibuka untuk melayani pelintas umum dimana hal tersebut merupakan bentuk kesepakatan antara pengelola terminal dengan Stasiun Solo Balapan demi peningkatan pelayanan masyarakat.

Menurut Kepala Stasiun Balapan Solo, Suharyanto, meski diperbolehkan bagi pelintas umum, namun pintu keluar dan masuk tetap dibedakan bagi pelintas tanpa tiket kereta api dan penumpang bertiket.

“Bagi pelintas umum akan keluar langsung menuju tempat area luar Stasiun. Sedangkan, bagi penumpang kereta akan diarahkan langsung ke dalam area stasiun melewati jalur 6. Tujuannya agar area dalam stasiun tetap steril,” paparnya.

Baca Juga :  Merasa Mendapat Perlakuan Tidak Menyenangkan, Belasan Wartawan Rame-rame Walkout dari Area Konferensi Pers Keraton Surakarta

Ditambahkan Koordinator Tipe A Terminal Tirtonadi, Joko Sutriyanto, jam operasional skybridge 24 merupakan wujud dari rencana sejak tahun 2017 lalu. Sedangkan dari sisi keamanan, pihaknya akan melakukan sinergitas antara pengelola terminal dengan stasiun.

“(Keamanan) akan ditingkatkan pasca dibukanya skybridge selama 24 jam ini. Nanti patroli secara bergantian, dan akan dipasang cctv. Saya ingin terminal banyak diakses banyak orang seperti tahun 90’an, maka dari itu saya desak terus agar skybridge beroperasi 24 jam,” imbuhnya.

Baca Juga :  Turunan Sumpah Pemuda Mojosongo Solo Jadi Jalur Maut, Begini Imbauan Kasatlantas Agar Kejadian Tak Terulang

Joko menuturkan, pihak pengelola Terminal Tipe A Tirtonadi Surakarta bersama PT. Kereta Api DAOP VI telah sepakat dalam pengaturan pengamanan baik dari segi penambahan personil keamanan hingga pemasangan Closed Circuit Television (CCTV).

“Terkait hal.itu, ada bantuan dari Bamk Mandiri berupa 4 unit sepeda, yang terdiri dari 2 sepeda listrik dan 2 sepeda lipat senilai Rp 15.200.000. Sepeda-sepeda ini akan dimanfaatkan untuk patroli pengamanan skybridge,” tukasnya. Triawati PP