JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Ini Besaran Honor Pelipat Surat Suara Pemilu 2019 di Wonogiri. Ada Rewardnya Juga

Penandatanganan MoU pengamanan Pemilu 2019 antara KPU Kabupaten Wonogiri dan Polres Wonogiri.
Penandatanganan MoU pengamanan Pemilu 2019 antara KPU Kabupaten Wonogiri dan Polres Wonogiri.

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM -KPU Kabupaten Wonogiri mulai melaksanakan pelipatan surat suara Pemilu 2019, Rabu (6/3/2019) besok. Tenaga pelipat surat suara nantinya mendapatkan honor menarik plus reward dari KPU.

“Besok mulai pelipatan surat suara di SLB Wonogiri di depan kantor KPU Wonogiri. Khusus surat suara Pilpres, sebab surat suara DPD maupun Pileg belum datang dari percetakan,” ungkap Sekretaris KPU Kabupaten Wonogiri, Supardi, Selasa (5/3/2019).

Ada 60 kelompok tenaga pelipat surat suara yang dilibatkan. Setiap kelompok terdiri dari empat orang, mereka merupakan warga sekitar yang telah terbiasa melaksanakan pekerjaan serupa pada event pemilihan sebelumnya.

Estimasi waktu yang dibutuhkan untuk melipat surat suara adalah dua hari. Untuk pekerjaan tersebut mereka bakal mendapatkan honor sesuai jumlah surat suara yang berhasil dilipat.

Baca Juga :  Update COVID-19 Wonogiri, Masuk Zona Kuning 193 Pasien Sembuh Belasan Lainnya Masih Dirawat di Rumah Sakit

Dia menjelaskan, surat suara Pilpres, honor yang diberikan sebesar Rp 60 perlembar. Sedangkan honor pelipatan surat suara DPD adalah Rp 80 dan Pileg Rp 100 perlembar.

Selain honor, para tenaga pelipat surat suara juga dijanjikan diberikan reward. Hal ini berlaku jika mereka menemukan surat suara yang berada untuk daerah pemilihan (dalil) yang berbeda. Misalnya kelompok A tengah melipat surat suara untuk dapil 1, ternyata mendapatkan surat suara bagi dapil 2 dan seterusnya.

“Besaran reward adalah Rp 10 ribu per lembar dan ini bukan uang lembaga tapi dari pribadi personil di KPU. Ini untuk memotivasi mereka menyortir surat suara dengan baik dan benar serta teliti, sekaligus meminimalkan terjadinya surat suara yang tercampur antara dapil satu dengan lainnya. Nanti setiap dapil akan dibedakan lokasi pelipatannya,” beber dia.

Baca Juga :  Pembagian Seragam Gratis SD dan SMP di Wonogiri Diwarnai Pungutan Ratusan Ribu Rupiah, Bupati Bakal Cek Kebenarannya di Lapangan

Sebelumnya, sebanyak 887.221 lembar surat suara Pilpres tiba di KPU Kabupaten Wonogiri, Sabtu (2/3/2019). Surat suara Pilpres diterima dari percetakan PNRI di Jalan Percetakan Negara no.21 Johar Baru, Jakarta Pusat selaku penyedia surat suara Pemilu 2019. Surat suara diangkut truk boks nomor polisi AD 1579 HP.

Logistik yang dikirimkan berupa surat suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden sebanyak 443 kotak berisi 2000 lembar dan 1 kotak berisi 1221lembar. Total jumlah ada 444 kotak berisi 887.221 lembar. Aris Arianto