JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Ini Tips dari Ahli Agar Tak Pikun Saat Tua Nanti

Ilustrasi orang tua. pexels.com
   
Ilustrasi orang tua. pexels.com

JOGLOSEMARNEWS.COM – Semakin bertambahnya usia, semakin menurun pula kemampuan otak dalam menyerap informasi. Tapi, ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kemampuan daya ingat Anda agar tak pikun ketika lansia. Dokter spesialis saraf, Yuda Turana, membagikan beberapa tipnya.

Sejalan dengan bertambahnya umur, kemampuan otak manusia dalam menyerap informasi akan semakin menurun. Untuk menjaga daya ingat otak, banyak cara yang bisa dilakukan agar tak pikun saat lansia nanti.

Berikut ini ada berbagai tips dari dokter spesialis saraf, Yuda Turana.

Salah satu cara yang paling ampuh untuk meningkatkan dan menjaga daya ingat adalah dengan melakukan aktivitas fisik. Olahraga yang disarankan Yuda ialah jalan atau lari di pagi hari. Menurutnya, berjalan dan berlari di pagi hari dapat mengaktifkan protein yang mempertahankan kelangsungan hidup otak atau BDNF.

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

“Tidak ada obat yang dapat mengaktifkan Brain Derived Neurotrophic Factor (BDNF) ini. Padahal, ini yang membuat otak menjadi cemerlang. Ternyata, hanya satu caranya untuk mengaktifkan yaitu dengan jalan dan lari pagi,” katanya dalam acara How to Increase Memory Capacity: Brain Concept of Learning di Jakarta, Jumat, (15/3/2019).

Selanjutnya, Yuda memaparkan dalam presentasinya bahwa daya ingat dapat dijaga dan ditingkatkan dengan mengurangi tingkat stres. Meski ia mengatakan bahwa emosi negatif cenderung lebih mudah diingat oleh otak, namun konsolidasi justru didapat saat kondisi tenang. “Kalau Anda mengurangi tingkat stres, itu dipercaya dapat memperkuat daya ingat,” katanya.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

Mengkonsumsi makanan yang bergizi dan mengurangi alkohol adalah hal penting lainnya. Menurut Yuda, mengkonsumsi makanan seperti sayuran hijau dan ikan yang mengandung asam lemak omega-3 dapat menjaga dan mengoptimalkan fungsi otak.

“Alkohol harus dibatasi karena penelitian pun menunjukkan bahwa kebiasaan ini dapat berdampak buruk pada proses berpikir dan memori,” katanya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com