JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Jailolo Maluku Utara dan Manado Diguncang Gempa Magnitudo 6,3

Twitter/BMKG
   
Twitter/BMKG

MALUKU UTARA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kota Jailolo, Maluku Utara Diguncang gempa bumi berkekuatan 6,3 , Minggu, (24/3/2019) pukul 11.37 WIB.

BMKG mengatakan pusat gempa berada di bawah laut pada kedalaman 10 kilometer. Gempa terjadi di 139 kilometer arah barat laut Jailolo, pada koordinat 1,68 lintang utara dan 126,37 bujur timur.

Selain dirasakan di Kota Jailolo, Maluku Utara gempa juga dirasakan di Ternate dan Weda, Provinsi Maluku Utara; dan beberapa kota di Provinsi Sulawesi Utara, yakni Manado, Tondano, Bitung, Tahuna, Siau, dan Bolang.

Baca Juga :  Sampai Rabu, MK Telah Menerima 21 Amicus Curiae Terkait Sengketa Pilpres 2024

“Tidak berpotensi tsunami.” BMKG mencuit melalui akun Twitter resmi mereka @infoBMKG, Minggu, (24/3/2019).

BMKG menyatakan pusat gempa itu berada di bawah laut pada kedalaman 10 kilometer. Gempa terjadi di 139 kilometer arah barat laut Jailolo, pada koordinat 1,68 lintang utara dan 126,37 bujur timur.

Sebelumnya, pukul 08.32 WIB, lindu juga mengguncang Kabupaten Poso, Sulawesi Selatan dengan magnitudo 5,7. Episenter gempa terletak pada koordinat 1,78 LS dan 120,55 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 48 kilometer arah barat daya Kota Poso, Kabupaten Poso, Propinsi Sulawesi Tengah pada kedalaman 39 kilometer.

Baca Juga :  Jika Tuduhan Pencatutan Nama Dosen Malaysia Terbukti, Pakar: Gelar Guru Besar Dekan FEB Unas Mestinya Dicopot

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Poso.” Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahnat Triyono menyampaikan dalam keterangan tertulis, Minggu, (24/3/2019).

Rahmat mengatakan gempa bumi ini juga tidak berpotensi tsunami. Hingga pukul 12.40 WIB, BMKG belum menginformasikan adanya gempa susulan. “Belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi itu.”

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com