JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Jelang Debat Pilpres Ketiga, Ma’ruf Amin Tak Mau Umbar Jurus. Ia Juga Pastikan Tak Akan Serang Lawan

ma'ruf amin
tribunnews

MEDAN, JOGLOSEMARNEWS.COM – KH Ma’ruf Amin, calon wakil presiden nomor urut 01, mengaku tidak memiliki persiapan khusus untuk menghadapi debat Pilpres ketiga, Minggu (17/3/2019) mendatang melawan Sandiaga Uno.

Ia juga memastikan tidak akan melakukan serangan terhadap lawan debatnya tersebut. Debat, bagi Ma’ruf seperti Bahtsul Masail, forum diskusi antar ahli keilmuan Islam – utamanya fikih – di lingkungan pesantren-pesantren.

“Cuma (debat Pilpres) ini cakupannya lebih luas saja,” ujar Ma’ruf di Medan, Sumatera Utara, Sabtu (9/3/2019).

Tema yang diangkat dalam debat ketiga Pilpres 2019 ini adalah pendidikan, ketenagakerjaan, kesehatan, sosial, dan budaya. Ma’ruf enggan mengungkapkan, tema mana yang lebih dikuasai dan tidak terlalu dikuasai. Ia berkelakar lawan debatnya akan tahu lebih dulu kelemahan materi yang dibahas saat debat.

Baca Juga :  68 Kabupaten/Kota Belum Susun Perkada Covid-19

“Nanti tahu, wah ini di sini kelemahannya. Jadi saya diserang dari yang lemah-lemah itu. Kayak main bola kan’ begitu. Posisi mana yang lemah lawan, serang saja dari situ. Makanya saya tidak kasih tahu lah,” seloroh Ma’ruf.

Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu, sudah melakukan persiapan untuk mematangkan materi debat. Namun, Ma’ruf enggan menyerang Sandiaga saat debat berlangsung.

Baca Juga :  Kasus Mutilasi Kalibata City, Polisi Sebut Kondisi Ekonomi Dorong Pelaku Tega Membunuh: Sudah Beberapa Hari Tidak Makan

“Oh tidak (menyerang) lah. Kita kan’ namanya berdebat, bukan menyerang, tapi menyampaikan argumentasi, solusi, bagaimana bahwa program yang sudah bagus, yang akan datang, akan lebih bagus. Alasannya apa? Solusinya apa? Itu saja. Tidak usah banyak-banyak jurusnya. Jurus bertahan, dan jurus langkah ke depan,” imbuh Ma’ruf.

Debat Pilpres ketiga akan digelar di Hotel Sultan, Jakarta. Debat ini akan mempertemukan cawapres Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno. Debat ini akan disiarkan langsung oleh tiga stasiun televisi, yakni Trans TV, Trans 7, serta CNN Indonesia.

www.tribunnews.com