JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

KPU Solo Temukan Kerusakan Pada 11.655 Surat Suara

Ilustrasi

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo menemukan 11.655 surat suara rusak setelah melalui proses penyortiran dan pelipatan. Sedangkan sampai saat ini, KPU Solo telah menyelesaikan pelipatan pada 430.468 surat suara Pilpres 2019.

Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti menyebutkan, kerusakan yang terjadi pada 11.655 surat suara tersebut tidak dalam kategori parah dan mayoritas rusak dari percetakan yang tidak rata atau surat suara yang berukuran lebih pendek.

Baca Juga :  Naik Lagi, Pasien Positif Covid-19 Solo Tambah 12 Dalam Satu Hari, Total Jadi 683 orang

“Kerusakan sudah kami laporkan kepada KPU Pusat, termasuk jumlah surat suara yabg telah selesai disortir dan dilipat,” paparnya, Senin (4/3/2019).

Dikatakan Nurul, sesuai dengan SOP yang diinstruksikan KPU Provinsi Jawa Tengah, kegiatan sortir dan pelipatan surat suara dapat melibatkan petugas atau staf KPU, pelajar atau mahasiswa, masyarakat sekitar, PPK atau PPS.

Baca Juga :  Evaluasi Perwali Pelanggar Protokol Kesehatan, Warga Luar Kota Solo Tak Pakai Masker Disanksi 2 Kali Lipat

“Meski demikian, kami menggunakan jasa petugas sortir dan pelipatan dari petugas KPU Solo, sekretariat dan mahasiswa. Kemudian untuk kekurangan surat suara akan kami tunggu hingga tabggal 30 Maret 2019. Sedangkan untuk surat suara yang rusak itu semuanya akan dikumpulkan menjadi satu dan kemudian akan dimusnahkan dengan cara dibakar untuk menghindari adanya penyalahgunaan surat suara,” pungkas Nurul. Triawati PP