JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Mau Mendalami Kopi, Bisa Kuliah di Institut Kopi Indonesia di Yogyakarta

kopi
ilustrasi/teras.id
ย ย ย 

SLEMAN, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ Ternyata, kopi merupakan industri yang cukup menjanjikan di Indonesia. Lantaran itulah, Instiper Yogyakarta yang bertransformasi sebagai New Instiper with Advance Technology, melakukan soft launching Institut Kopi Indonesia.

โ€œInstitut ini diharapkan mampu mengintegrasikan berbagai stakeholder kopi di Indonesia, seperti pusat-pusat penelitian, lembaga pendidikan, lembaga pelatihan, petani dan industri,โ€ ujar Rektor Instiper Yogyakarta, Dr Purwadi ย dalam seminar Pengembangan Penelitian dan Industri Perkebunan dan Pengolahan Kopi Selasa (12/3/2019).

Baca Juga :  Warga Gunungkidul Ini Tewas Terlentang dengan Daun Salam Terpegang di Tangan Kirinya

Dengan demikian, ujar Purwadi, institut kopi tersebut menjadi pusat pengetahuan dan teknologi di bidang kopi dan sebagai wadah berkumpulnya para pakar kopi di Indonesia.

Purwadi mengatakan, industri kopi di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir memang mengalami perkembangan signifikan. Maksimalisasi proses dari hulu ke hilir pun mulai digarap setelah melihat besarnya potensi yang ada di seluruh daerah di Indonesia.

Meski demikian, saat ini industri kopi di Indonesia belum terintegrasi dalam sebuah sistem yang berkeadilan. Hal tersebut mengancam keberlangsungan industri kopi kedepan karena para pelaku industri mencari fungsi profit dan strategi masing-masing untuk keuntungan sendiri.

Baca Juga :  Intensitas Guguran Lava Gunung Merapi Tinggi, Warga Diimbau Tak Beraktivitas di Daerah Potensi Bahaya

Purwadi mengungkap, Instiper sebagai perguruan tinggi yang fokus di bidang perkebunan, memiliki kewajiban untuk kemudian menginisiasi terbentuknya Institut Kopi Indonesia. Menurut dia, Institut Kopi Indonesia diharapkan menjadi rumah bersama untuk pengembangan kopi di Indonesia.

www.teras.id/KRJogja

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com