JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Klaten

Personel Lanud Adi Soemarmo Terjun Dalam Operasi SAR di Klaten

Istimewa
Proses evakuasi tim SAR HNC Lanud Smo di kecamatan Juwiring Klaten.. Istimewa

KLATEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebanyak 4 personel Lanud Adi Soemarmo yang tergabung dalam Tim SAR (Search And Rescue ) HNC (Human Nature Care) Lanud Adi Soemarmo, diterjunkan di lokasi operasi SAR di daerah Kebon Gedhe Kenaiban, Juwiring Klaten, Rabu (27/3/2019).

Menurut Kapentak Lanud Adi Soemarmo, Kapt Mugiyanto, dalam melaksanakan tugas evakuasi, Tim SAR HNC Lanud Adi Soemarmo dilengkapi dengan perahu LCR ( Landing Craf Rubber ) beserta kelengkapannya seperti pelampung. Dalam proses evakuasi tersebut, ditemukan satu korban meninggal dunia usia 80 tahun.

Baca Juga :  Lanud Adi Soemarmo Berikan Penghargaan Kepada Mantan Ketua REI Soloraya Anthony

“Proses evakuasi yang dilakukan Tim SAR ini, diawali dengan briefing rencana operasi pencarian, kemudian dilanjutkan dengan penyisiran dari pos 1 DAM 1 sampai pos 2 DAM 2, penyisiran dari TKP sampai dengan pos 1 DAM 1,” urainya.

Selanjutnya, pada pukul 09.40 dilaporkan bahwa survivor telah ditemukan dengan jarak dari TKP kurang lebih 1,5 km dan kemudian dilakukan proses indentifikasi serta serah terima ke keluarga korban.

Baca Juga :  Pesan Berantai WA Terkait Sanksi Karantina Bagi Anak Tak Pakai Masker di Klaten Resahkan Warga, Kepala Satpol PP Pastikan Hoaks

“Membantu korban bencana alam merupakan salah satu contoh tugas TNI yaitu Operasi Militer Selain Perang (OMSP) hal ini sesuai dengan pasal 7 ayat (2) UU RI No. 34 Tahun 2004 tentang tugas Pokok TNI Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang,” tukas Kapentak. Triawati PP