JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Prabowo Sebut Tidak Ada Krisis Ekonomi 1998, Tapi Ini yang Terjadi

tempo.co
   
tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto menyebut Peristiwa 1998 bukan krisis ekonomi, tapi kebocoran atau larinya aset Indonesia ke luar negeri.

Prabowo Subianto mengaku sudah mengetahui soal kebocoran kekayaan Indonesia sejak tahun 1998.

“Dibilang 1998 krisis ekonomi, kalau kita lihat angka-angka tidak ada krisis ekonomi 1998,” kata Prabowo di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Minggu, (3/3/2019).

Prabowo mengklaim hal itu sudah dia buktikan dalam bukunya yang berjudul Paradoks Indonesia. Ia mengatakan, fenomena larinya kekayaan Indonesia ke luar negeri ini terus berlanjut hingga sekarang.

Baca Juga :  Rabu Ditetapkan sebagai Wapres, Kamis Gibran Terima Penghargaan Satyalencana dari Jokowi

Prabowo lantas menunjukkan data neraca devisa Indonesia saat tahun 1997-1998. Tahun 1997, kata dia, keuntungan Indonesia US$ 12 miliar. Keuntungan meningkat menjadi US$ 21 miliar pada tahun berikutnya dan US$ 22 miliar pada 1999. “Tiap tahun kita untung, mana ada krisis ekonomi,” ujarnya.

Indonesia, kata Prabowo, terus mengalami keuntungan selama 14 tahun, sejak 1997 hingga 2011. Rata-rata keuntungan itu setiap tahunnya ialah US$ 20-22 miliar. Ia menambahkan, baru pada tahun 2012 keuntungan neraca devisa Indonesia ‘goyang’.

Dalam kesempatan itu, Prabowo juga menyinggung cadangan devisa Indonesia yang seharusnya berada di angka US$ 375 miliar. Namun ternyata, kata dia, cadangan devisa Indonesia hanya US$ 100 miliar. “Jadi dua ratus miliar (dolar Amerika) kekayaan kita ke mana?”

Baca Juga :  TPN Ganjar-Mahfud Masih Optimis MK Terima Gugatan Sengketa Pilpres, Ini Alasannya

Ketua Umum Partai Gerindra ini mengaku siap membuktikan dan mempertanggungjawabkan data yang dia kemukakan. Dia mempersilakan pihak-pihak yang menuntut bukti agar mengundangnya berceramah.

Prabowo mengklaim bakal membuktikan kebocoran jika terpilih menjadi presiden melalui pemilu 17 April mendatang. “Saya sudah hitung kebocoran kita seribu triliun tiap tahun. Ini pasti rame lagi besok, ‘Prabowo buktikan’. Setelah saya terpilih akan saya buktikan,” ucapnya.

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com