JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Pulang Kampung ke Sragen, Direktur PLN Jadi Guru Dadakan di SMAN 1 Sragen. Sebut “Satu Pemuda Bisa Mengubah Dunia!” 

Direktur Keuangan PLN, Sarwono Sudarto saat mengajar di almamater SMAN 1 Sragen, Senin (25/3/2019). Foto/Wardoyo
Direktur Keuangan PLN, Sarwono Sudarto saat mengajar di almamater SMAN 1 Sragen, Senin (25/3/2019). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Suasana SMAN 1 Sragen Senin (25/3/2019) mendadak berubah. Tak seperti biasanya, SMA terfavorit di Sragen itu kedatangan tamu istimewa.

Tamu istimewa itu adalah Sarwono Sudarto, Direktur Keuangan PT PLN (Persero). Menariknya, Sarwono dulunya tercatat pernah mengenyam pendidikan di SMAN 1 Sragen.

Sehingga bisa dibilang, dia balik kampung. Namun ada yang menarik karena kepulangan Sarwono pagi itu bukan hanya sekadar menengok semata.

Ia memanfaatkan momentum itu untuk mengajar dadakan. Ratusan pelajar SMA Negeri 1 Sragen pagi itu dengan antusias mengikuti kegiatan mengajar yang dipandu Sarwono.

Kegiatan pagi itu merupakan PLN Mengajar yang bertema “Bakti untuk Negeri Back to Almameter”.

“Tiada hari tanpa silaturahmi, silaturahmi merupakan kunci sukses kehidupan, kerja dan karir?” kata Sarwono di hadapan ratusan pelajar.

Baca Juga :  Kapolres Sragen Ungkap Sejumlah Siswi SMP Korban Predator asal Mondokan, Sempat Menangis Saat Dipaksa Layani Hubungan Intim di Kuburan. Satu Siswi asal Tanon Bahkan Sempat Dicekik

Saat memperkenalkan diri dan mengajar di almamaternya, Rabu (25/3/2019), Sarwono mengawalinya dengan kata silaturahmi kepada pelajar.

Dia mengaku, terinspirasi oleh pesan Presiden RI pertama Soekarno, yang mengatakan “Seribu orang tua bisa bermimpi, satu orang pemuda bisa mengubah dunia”.

PLN mengajak generasi muda untuk menggali potensi diri dan memajukan negeri lewat pendidikan. Hal ini diwujudkan dalam kegiatan Direksi dan Komisaris PLN yang menjadi pengajar tamu di sekolah-sekolah almamaternya untuk berbagi pengalaman sukses dan memotivasi para pelajar.

Alumni SMA Negeri 1 Sragen ini menyampaikan, tiada hari tanpa silaturahmi, yang membuat umur kita panjang. Sarwono penuh semangat memotivasi generasi-generasi bangsa selanjutnya dengan membangkitkan semangat nasionalisme.

Baca Juga :  Bupati Yuni Umumkan Sragen Turun Jadi Zona Oranye Covid-19. Tegaskan Hajatan Tidak Dilarang, Soal Izin Keramaian Kewenangan Polres!

Dengan memberikan inspirasi pengalaman sukses dan pembelajaran di bidang ketenagalistrikan sebagai pemahaman bagi para pelajar mengenai proses bisnis PLN.

Dalam pertemuan yang singkat namun penuh arti tersebut terlihat para siswa, bahkan guru antusias mendengarkan cerita dan pembelajaran serta motivasi dari salah satu petinggi di PLN ini.

Para siswa juga diberi kesempatan untuk berinteraksi lewat sesi tanya jawab setelah sebelumnya

diberi pemaparan terkait pengalamannya di SMA Negeri 1 Sragen.

Kepala SMAN 1 Sragen, Beti Marga Sulistyawati mengapresiasi program itu dan kesediaan Sarwono memberikan ilmu kepada siswa.

Ia berharap apa yang disampaikan Sarwono bisa memotivasi siswa untuk meneladani jejak kesuksesannya. Wardoyo