JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Dari Desa Wisata Nglinggo Kulonprogo, Pengunjung Bisa Menikmati Kemegahan Candi Borobudur, Seperti Ini Caranya

brobudur
ilustrasi/teras.id
   

KULONPROGO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ke depan, datang ke desa wista Nglinggo, Kabupaten Kulonprogo, pengunjung dijamin bakal mendapat kepuasan lebih.

Pasalnya, selain dapat menikmati keindahan desa wisata Nglinggo, pengunjung juga dapat menikmati keindahan dan kemegahan Candi Borobudur.

Lho, bukankah Borobudur ada di Magelang?

Tak perlu heran, karena kini tengah disiapkan 20 telescope yang diletakkan di bukit Nglinggo untuk meneropong Borobudur.

Desa wisata yang terletak di kawasan bukit Menoreh, Pagerharjo, Kulonprogo tersebut memang sekarang sedang menjadi salah satu tempat berlibur alternatif di DIY yang populer.

“Karena itu kami sangat serius untuk mengangkat potensi Nglinggo,” kata Kepala Dinas Pariwisata (Dinpar) Kulonprogo, Niken Purboraras.

Baca Juga :  Terlibat Keributan Antarkelompok di Yogya, Polisi Amankan Seorang Pemuda Berikut Gesper Besi

Nglinggo yang tahun lalu menjadi juara nasional Desa Wisata berbasis masyarakat tersebut, memang menjanjikan sejumlah panorama dan suasana menarik.

Ada kebun teh yang terhampar menghijau, dimana wisatawan dapat memetik dan memasaknya menjadi minuman, kemudian hamparan tanaman kopi, hutan untuk offroad, ada juga air terjun Watu Jonggol yang lokasinya agak tersembunyi di ketinggian 900 Dpl sehingga masih terlihat perawan.

Yang tak kalah menarik ada bukit Isis. Jangan bayangkan nama itu adalah kelompok yang suka mengacau di Timur Tengah itu, namun makna Isis dalam Bahasa Jawa adalah semilir karena lokasinya di bukit penuh dengan pohon rindang, sehingga angin semilir sejuk disana.

Baca Juga :  Ini 15 Perusahaan di Yogya yang Diawasi Terkait Pembayasan THR

Dari bukit inilah sama-samar memandang ke arah utara kelihatan Candi Borobudur. Nglinggo tak mau kalah dengan desa wisata yang lain, menurut Ketua Pokdarwis Pagerharjo, Yoko, dibuat banyak untuk lokasi swafoto. Karenanya, lokasi yang Instagramable banyak diminati.

Desa wisata Nglinggo juga punya kesenian tradisional yang menarik seperti Lengger atau Angguk. Seni tari-tari Angguk tersebut pernah menjadi juara nasional. Niken optimis, dengan sejumlah fasilitas yang akan diberikan ke Nglinggo dan sejumlah desa wisata lainnya, Kulonprogo akan menjadi destinasi yang potensial.

www.teras.id/KRJogja

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com