JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Target Kepesertaan BPJS 2019 Masih Kurang 40 Juta Orang. Kementerian Kominfo Ajak Masyarakat Segera Daftar Lewat Online atau Langsung! 

Direktur IKP Kementerian Kominfo RI, Wiryanta saat hadir dalam sosialisasi program JKN di Plaza Sriwedari Solo, Sabtu (9/3/2019) malam. Foto/Wardoyo
Direktur IKP Kementerian Kominfo RI, Wiryanta saat hadir dalam sosialisasi program JKN di Plaza Sriwedari Solo, Sabtu (9/3/2019) malam. Foto/Wardoyo

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Pemerintah menargetkan kepesertaan jaminan kesehatan nasional (JKN) atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan di Indonesia bisa mencapai lebih dari 95 persen pada akhir 2019 ini.

Dengan capaian saat ini mencapai 76 persen atau sekitar 217 juta jiwa, masih ada kekurangan sekitar 40 juta jiwa yang belum mendaftar dan diharapkan bisa ikut BPJS di 2019.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Informasi Komunikasi dan Pembangunan Manusia (IKP) Kementerian Kominfo RI, Wiryanta saat menghadiri sosialisasi program JKN atau BPJS Kesehatan menuju Indonesia Sehat melalui pertunjukan wayang kulit di Taman Sriwedari Solo, Sabtu (9/3/2019) malam.

Wiryanta mengungkapkan hingga Februari 2019, jumlah kepesertaan BPJS sudah mencapai 217 juta jiwa. Dari jumlah itu, 130 juta diantaranya masuk kategori PBI atau iurannya dibiayai oleh pemerintah pusat dan daerah.

Baca Juga :  Pemuda Pancasila Solo Gelar Muscablub. Tujuh Orang Sudah Mendaftar Sebagai Calon Ketua Umum Gantikan almarhum Danang

Menurutnya hal itu sebagai wujud komitmen pemerintahan Jokowi dalam menyediakan jaminan kesehatan bagi masyarakat. Ia juga menyampaikan Presiden sudah menargetkan agar kepesertaan BPJS Kesehatan di 2019 ini setidaknya bisa meningkat mencapai 95 persen.

“Seperti disampaikan Bapak Presiden Joko Widodo dalam berbagai kesempatan, beliau meminta akhir 2019 kepesertaan BPJS harus bisa 95 persen.Kalau sekarang kepesertaan sudah mencapai 217 juta jiwa, artinya masih kurang 40 juta jiwa lagi untuk bisa mencapai target 95 persen. Karena 95 persennya sekitar 250 juta jiwa,” terangnya.

Foto/Wardoyo

Untuk mewujudkan target itu, Wiryanta mengatakan sesuai tupoksinya, Kemenkominfo akan lebih gencar lagi menyosialisasikan melalui berbagai kanal media. Baik televisi radio surat kabar, media online, medsos, forum dialog dan pertunjukan rakyat.

Baca Juga :  419.287 Warga Tercatat Dalam DPS Pilkada Solo, 9.300 Di Antaranya Pemilih Baru

Diharapkan lewat sosialisasi bisa menggerakkan kesadaran yang belum di kepersertaan BPJS untuk segera mendaftar BPJS aktif secara mandiri.

Untuk pendaftaran kepesertaan BPJS Kesehatan, menurutnya bisa dilakukan secara langsung melalui dinas kesehatan di masing-masing kota atau kabupaten. Selain itu, juga bisa dilakukan di kantor-kantor cabang BPJS Kesehatan uang ada di daerah.

“Pendaftaran bisa secara manual atau lewat online yang aplikasinya bisa didownload via playstore,” tandasnya.

Sementara, pagelaran wayang kulit malam tadi menghadirkan dalang Ki Warseno Slenk dan dihadiri ratusan warga.

Acara juga dihadiri Kepala Cabang BPJS Surakarta, Agus Purwono dan perwakilan dari Pemkot Solo. Wardoyo