JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Wajib Diingat! Hal Ini yang Menyebabkan Hasil Panen Tidak Maksimal

Pengubinan di lahan Kelurahan Jatiroto, Wonogiri.
Pengubinan di lahan Kelurahan Jatiroto, Wonogiri.

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM -Sejumlah pihak melaksanakan pengubinan di lahan Mono Kelompok Tani Sido Makmur, RT 1 RW 1 Lingkungan Nayu, Kelurahan Jatiroto, Wonogiri, Jumat (15/3/2019).

Luas lahan yang diubin mencapai 0,3 hektare dengan varietas padi Mekonga. Babinsa Kelurahan Jatiroto Sertu Agus Suprayitno menyebutkan, pihaknya bersama petugas penyuluh pertanian lapangan (PPL) dan Ketua Kelompok Tani mendampingi petani melaksanakan pengubinan.

Baca Juga :  Ini Lho Lur Jumlah Kasus Terkonfirmasi Positif COVID-19 di Wonogiri, Ada Penambahan Kasus Baru Semuanya Dari Pelaku Perjalanan Zona Merah

“Berbagai kegiatan yang menyangkut pertanian juga kami bantu guna bersinergi dalam program pemerintah pusat mengenai ketahanan pangan nasional,” terang dia.

Agus, anggota PPL Kecamatan Jatiroto menyampaikan kesimpulan dari hasil pengubinan. Yakni dengan luas sawah 0.3 hektare didapat 2,7 ton gabah.

Hasil panen padi tersebut belum bisa maksimal karena berbagai faktor. Di antaranya kondisi lahan yang terlalu banyak pohon-pohon besarnya. Sehingga tidak bisa menerima sinar matahari secara langsung pada saat pagi sampai siang hari.

Baca Juga :  Soal Pungutan Untuk Pengadaan Atribut Seragam, Seperti Ini Jawaban Pihak Sekolah, Bupati Berjanji Undang Pihak Terkait

Hadir dalam kegiatan pengubinan antara lain Babinsa kalurahan Jatiroto Sertu Agus Suprayitno beserta anggota Koramil Serka Agus Wahyudi dan Serda Tukimin, Staf PPL Kecamatan Jatiroto Agus, Widadi Ketua Kelompok Tani Sido Makmur Jaimin. Aris Arianto