loading...
Loading...
Launching program Telunjuk Sakti di Wonogiri.

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM-Masyarakat Wonogiri khususnya kini tak perlu bingung untuk mengurus administrasi kependudukan seperti KTP KK, Akta Kelahiran, surat pindah dan lainnya. Pasalnya kini sudah ada program yang dilaunching khusus untuk memudahkan pelayanan administrasi kependudukan.

Program tersebut adalah Telunjuk Sakti dan Anak Lantip. Kedua program itu dilaunching Bupati Wonogiri Joko Sutopo di Pendopo Rumah Dinas, Kamis (2/5/2019).

“Telunjuk Sakti adalah layanan berbasis android dan bisa diunduh gratis di smartphone. Telunjuk Sakti artinya hanya dengan telunjuk masyarakat bisa mendapatkan pelayanan secara mudah dan cepat melalui smartphone. Sakti merupakan singkatan sistem administrasi kependudukan berbasis teknologi informasi,” beber Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Wonogiri, Sungkono.

Baca Juga :  Teror Binatang Misterius di Jatiroto Wonogiri. 2 Ekor Kambing Mati Dengan Luka Gigitan

Sementara Anak Lantip merupakan inovasi pelayanan administrasi kependudukan yang berarti anak lahir administrasi kependudukan tertip. Inovasi ini berupa penyerahan akta kelahiran KIA KK, dan identitas BPJS dan seterusnya ketika mengurus anak yang baru lahir.

Kedua program itu, menurut lahir lantaran kondisi Wonogiri. Dimana secara geografis sangat luas, jarak antara rumah penduduk dengan pusat pelayanan sangat jauh.

“Dengan program baru ini diharapkan masyarakat mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan secara mudah cepat dan nyaman. Juga meningkatkan kepercayaan publik kepada pemerintah dan tercukupinya dokumen kependudukan sehingga mendapat kemudahan dalam menerima intervensi program pembangunan dan penanggulangan kemiskinan,” sebut dia. Aris Arianto

Loading...