loading...
Loading...
Antrian penukaran uang di Pemkab Sukoharjo. Humas Pemkab Sukoharjo.

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM-Kepala Tim Sistem Pembayaran Pengelolaan Uang Rupiah dan Layanan Administrasi (SPPURLA) Bank Indonesia (BI) Solo, Bakti Artanta, mengatakan akan membuka layanan penukaran uang baru menjelang Lebaran 2019 di 150 lokasi.

Jumlah lokasi penukaran uang ini lebih banyak dibanding tahun lalu yang hanya 111 lokasi. Dia memaparkan 150 titik ini tersebar di enam kabupaten dan satu kota di Surakarta.

Perinciannya 15 lokasi di Sukoharjo, 74 lokasi di Solo, 14 lokasi di Boyolali, 16 lokasi di Klaten. Selanjutnya 11 lokasi di Karanganyar, 10 lokasi di Wonogiri, dan 10 lokasi di Sragen.

Baca Juga :  Pencurian Motor Honda Beat di Sidorejo Tangkisan Tawangsari Sukoharjo, Diparkir Dalam Rumah Ditinggal Kerja Shift Malam

Sementara uang tunai yang disiapkan BI Solo untuk penukaran uang baru itu sesuai estimasi kebutuhan mencapai Rp 5,4 trilliun. Jumlah ini naik sekitar 3,35 persen dibandingkan tahun lalu, yang hanya Rp5 triliun dengan realisasi Rp 5,233 triliun.

“Lebaran tahun ini kami memperluas lokasi layanan penukaran uang, yakni 150 lokasi se-Solo Raya. Ini melibatkan 98 bank umum, 30 BPR, 8 BPRS, 10 Pegadaian, dan 4 Kantor Pos. Mengacu pada pengalaman tahun lalu, stok uang pecahan baru untuk Lebaran tahun ini kami tambah. Masyarakat juga semakin mudah dalam penukarannya di perbankan,” jelas dia, Rabu (22/5/2019).

Baca Juga :  CV Adila Furniture Gentan Sukoharjo Terpaksa Merugi 90 Juta dan Satpam Perusahaan Terluka Gara-gara Ini

Titik-titik tempat penukaran tersebut berada di perbankan termasuk Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Sehingga, masyarakat tidak perlu khawatir untuk menukarkan uang pecahan baru.

Dia berpesan agar masyarakat tidak melakukan penukaran uang di pinggir-pinggir jalan. Pasalnya, dalam penukaran tersebut ada biayanya, jumlahnya belum tentu pas, serta dimungkinkan ada uang palsu di dalamnya. Untuk menghindari penukaran di pinggir jalan itulah BI membuka banyak titik pelayanan.

Baca Juga :  Polres Sukoharjo Bekuk 4 Pelaku Kasus Narkoba, 64,5 Gram Sabu Berhasil Diamankan

Masing-masing loket menyediakan 100 kupon penukaran, dengan maksimal penukaran Rp 4,4 juta/orang. Syaratnya hanya membawa fotocopi KTP dan nanti akan dicelupkan jari dengan tinta sebagai tanda.

“Ada pemerataan lokasi penukaran di Surakarta agar tidak terjadi penumpukan di kantor BI,” tandas dia.

Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya berharap banyaknya titik penukaran uang pecahan baru semakin memudahkan masyarakat Sukoharjo. Diharapkan pula dapat digunakan masyarakat untuk saling berbagi  saat Lebaran. Terlebih berbagi uang saat Lebaran sudah menjadi tradisi masyarakat. Haryanto

Loading...