loading...
Loading...
Ilustrasi air PDAM

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – PerusahaanDaerah Air Minum (PDAM) Karanganyar menyiapkan mobil tangki pelayanan yang disiagakan untuk mengantisipasi kebutuhan air selama Lebaran.

Mobil tangki itu disiagakan di daerah Wonorejo dan Jumantono untuk droping air ke masyarakat. Dirut PDAM Karanganyar, Prihanto kepada wartawan mengatakan mobil tangki itu diperuntukkan bagi selain pelanggan PDAM Tirta Lawu Karanganyar.

Menurutnya selama bulan ramadhan, sumur Saraswati yang biasanya melayani pasokan air di wilayah Tasikmadu, Kebakkramat dan sebagian Perumnas Palur tidak difungsikan atau sebagai cadangan.

“Itu dikarenakan saat ini sudah menggunakan sumber air baku dari sumber air Sikempong dan sumber air Semiri,” paparnya.

Kendati demikian, ia mengatakan ketersediaan air di wilayah Karanganyar menjelang lebaran dipastikan aman. Hingga kini, kapasitas produksi dan ketersediaan air cukup melimpah untuk menyuplai pelanggan PDAM Karanganyar yangmencapai 62.020 pelanggan.

Baca Juga :  Sempat Bikin Geger, Begini Nasib 2 Bocah Pelaku Video Viral Matikan Lampu Fly Over Palur Karanganyar Usai Diperiksa Polisi!

“Total ada 13 sumber mata air. Lalu sumur pompa di Wonorejo ada 4 buah, Perumnas Palur 2 buah dan Josroyo 1 buah. Jadi ada total 7 buah pompa,” terangnya.

Ia menguraikan, sumber air Semiri yang mengaliri wilayah Perkotaan, Tasikmadu dan Kebakkramat juga dipastikan masih  aman.

Sedangkan sumber air Gede yang mengaliri Wilayah Kerjo dan sebagian wilayah Sragen juga dinyatakan aman karena sumber air Gede juga melampaui kapasitas.

Begitu pula sumber air Sepanjang dan sumber air Watu Belah Pancot yang mengaliri wilayah Kecamatan Jumantono dan Matesih dinyatakan aman. Pasalnya reservoir Koripan over capacity dalam durasi 24 jam.

Baca Juga :  Bagi-bagi Bunga, Kejari Karanganyar Klaim Selamatkan Rp 1,2 Miliar Uang Negara dari Tangan Para Koruptor Karanganyar 

Prihanto menambahkan pelayanan Kecamatan Jaten yang meliputi unit Jaten, unit Palur Kota dan unit Perumnas Palur. Suplai layanan dilakukan dengan menggunakan pengolahan di Papahan dan sumber air Josroyo serta sumur Dahlia masih dalam status aman. Wardoyo

 

Loading...