JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

KPU Yakin 22 Mei Rekapitulasi Suara Pemilu Kelar

Tempo.co
   
Tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM   – Komisi Pemilihan Umum (KPU) yakin tanggal 22 Mei 2019, rekapitulasi suara Pemilu kelar.

“Kami upayakan selesai tepat waktu tanggal 22 (Mei 2019),” kata Komisioner KPU Ilham Saputra di Kantor KPU, Jakarta, Sabtu (18/5/2019).

Ilham mengatakan, hari Sabtu (18/5/2019)  KPU hanya melakukan rapat pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara untuk Papua Barat dan DKI Jakarta.

Khusus untuk DKI, pada rapat Sabtu (18/5/2019)  belum bisa memasukkan hasil Pemilu di Kuala Lumpur sebagai bagian Daerah Pemilihan DKI Jakarta II imbas adanya pemungutan suara ulang.

Baca Juga :  Prabowo Bertemu Surya Paloh di Nasdem Tower, Anies: Bukan Hal yang Luar Biasa

“Rencananya Kuala Lumpur mendarat besok, rekap besok untuk Kuala Lumpur karena masih ada Pemungutan Suara Ulang yang via pos nanti akan kami gabungkan dengan pemilihan luar negeri untuk (Dapil) Jakarta II,” ujarnya.

Ilham mengatakan regulasi mengatur rekapitulasi suara maksimal selesai 22 Mei 2019. Namun hal ini bisa selesai lebih cepat jika di tingkat provinsi sudah beres.

Baca Juga :  Yusril Nilai Permintaan untuk Mendiskualifikasi Gibran dalam Pilpres Terlambat

“Jadi kami tunggu saja, apa bisa selesai tanggal 21 atau 22, tergantung pada kesiapan provinsi. Tapi kami upayakan selesai tepat waktu tanggal 22,” kata dia.

Menurut Ilham, setelah rekapitulasi suara selesai maka KPU akan menetapkan hasil pemilu tiga hari kemudian.

“Jadi (jika) rekapitulasi selesai pada tanggal 22, penetapan itu menurut UU diberi kesempatan 3 hari untuk kemudian kita tetapkan pada tanggal 25 Mei,” tuturnya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com