loading...
Loading...
Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Komitmen Pertamina untuk memastikan ketersediaan energi saat peak season harus didukung oleh Sumber Daya Manusia yang fit dan prima dalam bertugas. Oleh karena itu, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) IV Area Jateng dan DIY mewajibkan seluruh tim Satgas RAFI (Ramadhan dan Idul Fitri ) 2019 memeriksakan kesehatannya sebelum memulai bertugas.

Program Pemeriksaan Kesehatan Harian atau disebut Program Fit To Work ini diperuntukkan bagi seluruh Pekerja, Mitra Kerja serta Kontraktor Pertamina yang bertugas di posko Satgas, Awak Mobil Tangki (AMT) yang standby mengantarkan BBM & LPG, serta operator dan tim safety man yang bertugas di Kios Pertamina Siaga. Khusus bagi pekerja dan operator yang bertugas di Kios Pertamina Siaga, Tim Medical Pertamina MOR IV akan mendatangi Kios dan memeriksakan kesehatan mereka setiap tiga hari sekali.

Baca Juga :  Solopeduli Bantu Korban Banjir di Konawe Sultra

Setiap pagi atau sebelum jadwal shift dimulai, para pekerja wajib mengikuti pemeriksaan kesehatan yang meliputi Anamnesa Keluhan Secara Umum, pemeriksaan Tekanan Darah, Nadi, Pernafasan, Alkohol test, Romberg test (Keseimbangan) dan khusus bagi Driver ditambahkan test Konsentrasi. “Misalnya ada Awak Mobil Tangki yang hasil pemeriksaan hariannya tidak fit, maka PT. Patra Niaga sebagai anak perusahaan pertamina yang membawahi AMT akan memblock nama AMT tersebut agar tidak ditugaskan membawa mobil pada hari itu dan wajib merekomendasikan yang bersangkutan untuk beristirahat” ujar Iin Febrian, General Manager Pertamina Marketing Operation Region IV.

Baca Juga :  Balai Yasa Yogyakarta Coba Hidupkan Kembali Lokomotif Uap Kuno Pesanan Jokowi, Akan Dipakai untuk Kereta Wisata di Solo

Tak hanya melalui pemeriksaan langsung Pertamina MOR IV juga menyediakan aplikasi berbasis web yaitu aplikasi Fit To Work Online yang dibuat untuk memudahkan pekerja mengetahui status kebugarannya, sebelum ia melakukan pekerjaannya dihari tersebut. Selain itu, aplikasi ini akan melaporkan hasil pemeriksaan Fit to Work yang terhubung dengan seluruh dokter dan tenaga pemeriksa di seluruh lokasi operasional MOR IV Semarang.

Iin juga menjelaskan bahwa tidak hanya peduli dengan keselamatan pekerja tetapi Pertamina juga memperhatikan aspek keselamatan dan kesehatan Pemudik. “Kami menyediakan Posko Kesehatan Pertamina di KM 379 A dan KM 260 B yang dilengkapi dengan ambulance dan petugas paramedis yang siaga 24 jam. Fasilitas ini dapat digunakan bagi pekerja Pertamina dan Pemudik ” tandas Iin.

Baca Juga :  Ada Perbaikan Drainase, Jalan RM Said Jadi Searah, Begini Rekayasa Lalu Lintasnya

Tim Medical Pertamina juga menyediakan Buku Saku Mudik yang dididistribusikan di 15 Titik Kios Pertamina Siaga. Buku Saku Mudik tersebut berisi informasi Tips Menjaga Kesehatan selama mudik, Rumah Sakit Terdekat di sekitar titik Rest Area Tol Trans Jawa dan bagaimana penanganan pertolongan pertama bila terjadi gangguan kesehatan. Triawati PP

Iklan
Loading...