loading...
Loading...

SLEMAN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Jam kerja aparat sipil negara (ASN) memang berkurang selama masa puasa.  Namun, hal itu bukan alasan ASN untuk bermalas-malasan.

Demikian diungkapkan oleh Bupati Sleman Sri Purnomo. Ia berpesan meski sedang menjalani ibada puasa, hal itu tidak mengurani etos kerja para ASN.

“Saya mengimbau para ASN yang puasa tetap mengedepankan etos kerja. Ketika kita bicara tentang etos kerja, yang namanya puasa itu harusnya etos kerjanya juga meningkat,” ujarnya, Senin (6/5/2019).

Sebagaimana diketahui, selama masa Ramadan, para ASN di Sleman masuk dari pukul 07.30 WIB dan jam kerja berakhir pada pukul 14.30 WIB.

Agar tetap bekerja secara maksimal, Sri Purnomo memberikan tips yakni mendahulukan pekerjaan yang menguras tenaga dan pikiran di pagi hari.

Menurutnya di pagi hari, seorang yang berpuasa masih memiliki tenaga yang utuh.

Baca Juga :  Polda DIY Tangkap 3 Pelaku Penipuan Bermodus Rekrutmen Ojol, Korbannya 38 Orang

“Karena energi saur masih penuh. Jika digunakan pagi maka bisa efektif, digunakan untuk kegiatan strategis di pagi hari,” paparnya.

Dan jeda salat duhur, disebutnya bisa digunakan untuk istrahat barang 10 sampai 15 menit. Setelah itu, maka kita dapat bekerja dengan tenaga yang kita kerja bisa segar lagi.

“Sambil kultum, juga bisa istirahat, wiridan rodo ngantuk sitik selama 10-15 menit. Atau di kantor mak ler 10-15 menit itu wajar dalam rangka menghimpun energi. Kalau sudah fresh kita bekerja lebih maksimal lagi,” ungkapnya.

Ia menekankan agar setiap pegawai dapat mengatur waktu dengan baik agar pekerjaan terselesaikan dengan baik pula.

“Artinya tidak ada alasan kita malas-malasan saat berpuasa, menunda pekerjaan sehingga target tidak tercapai. Bahkan kalau di puasa ini target harus tercapai lebih awal,” tegasnya.

Baca Juga :  Yogyakarta Bakal Mulai Uji Coba Paket Tur Kampung Wisata

“Ketika bisa me-manage waktu dengan baik, insyaalah semua bisa berjalan dengan baik. Kalau niat mantap, akan mengalahkan segalanya,” tuturnya.

Terkait pelayanan ke masyarakat, Dinas Sosial juga memberlakukan waktu khusus.

Kepala Dinsos Kabupaten Sleman Eko Suhargono mengatakan, meski puasa pihaknya tetap memberikan pelayanan.

“Kami tetap membuka pelayanan, hanya sampai pukul 14.30 WIB setiap Senin sampai Kamis. Kalau Jumat selesai pukul 13.00 WIB. Tapi kalau call center tetap 24 jam,” paparnya.

www.tribunnews.com.

Loading...