JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

1.097 Warga Sragen Terjangkit AIDS, KPA Konsultasi ke Kementerian Sosial. Siapkan Rumah Singgah dan Yayasan Sehat Panguripan Untuk Rehab ODHA

Tim KPA Sragen dan rombongan saat berkonsultasi ke Kementerian Sosial. Foto/Wardoyo
   
Tim KPA Sragen dan rombongan saat berkonsultasi ke Kementerian Sosial. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Angka kasus HIV/AIDS di Sragen terus menunjukkan angka penambahan signifikan. Hingga awal Juni 2019, total kasus HIV/AIDS di Bumi Sukowati sudah mencapai 1.097 orang.

Dari angka itu, 116 orang diantaranya dilaporkan meninggal dunia. Data tersebut terungkap saat Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Sragen menggelar kunjungan ke Kementerian Sosial dan Lembaga Sosial Rumah Cemara untuk rehabilitasi orang dengan HIV AIDS (ODHA) di Bandung.

Pengelola Program KPA Sragen, Wahyudi mengungkapkan studi banding dan kunjungan ke Kemensos dan Rumah Cemara digelar 17-18 Juni 2019.

Kunjungan digelar dalam rangka penyiapan program rumah rehab dan rumah singgah untuk ODHA di Sragen tahun 2019 ini.

Baca Juga :  Siap-siap! Bupati Yuni Ajak Masyarakat Hormati Hasil Pemilu dan Bersiap untuk Pilkada 2024 Cari Tahu Calon Bupati dan Wabup Sragen

Menurutnya, kunjungan ke Kemensos digelar untuk berkonsultasi terkait penguatan kelembagaan pelaksana program rehab ODHA  dan  akses hibah  anggaran operasional SDM pelaksana di rumah singgah.

Kunjungan digelar KPA dengan menggandeng Dinas Sosial, Dinkes, Dinas PP-KBPPA, Kabag Kesra Setda dan KDS Sukowati atau Yasasan Sehat Panguripan.

Dari kunjungan ke Kemensos, Yudi-sapaan akrab Wahyudi-menyampaikan perwakilan Kemensos memberikan arahan agar pelaksana rehab di Sragen membuat proposal program tahunan untuk 2020.

Kabag Kesra Sragen, Sutrisna didampingi Pengelola Program KPA, Wahyudi (kanan) saat berkunjung di Rumah Cemara Bandung. Foto/Wardoyo

Kemensos siap membantu stimulan operasional SDM ( bantuan petugas Peksos)  dan bantuan Pemberian Makanan Tambahan  ODHA yang ada .

“Sekaligus kami melakukan pendaftaran Yayasan Sehat Panguripan sebagai Lembaga Kesejahteraan Sosial ( LKS) yang di kabupaten Sragen sebagai penyelenggara rehab ODHA di Kabupaten Sragen,” paparnya Rabu (19/6/2019).

Baca Juga :  Hujan Deras Disertai Angin Pohon Raksasa di Jalan Raya Gabugan - Sidoharjo dan di Desa Bonagung Tumbang Menimpa Rumah Warga

Sementara kunjungan di Rumah Cemara, tim mendapati fakta bahwa rumah itu sudah dipercaya sebagai penyelenggara rehab ODHA dan NaFZA Nasional. Selain itu, rumah itu juga dipercaya nasional dalam memberikan pendampingan di  20 provinsi wilayah Indonesia.

“Ini juga bagian untuk memperkuat jalinan kerjasama Yayasan Sehat Panguripan dan Rumah Cemara dalam penyusunan konsep strategi dan program rehap di kabupaten Sragen. Harapan ke depan, dengan penanganan intensif kasus AIDS di Sragen bisa semakin ditekan, sementara terhadap ODHA bisa mendapatkan penanganan dan rehab yang lebih intensif pula,” pungkasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com