JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Semarang

Diwarnai Larungan Kepala Kerbau ke Tengah Laut, Ribuan Warga Padati Festival Kupat Lepet di Pantai Kartini Jepara 

Pelarungan kepala kerbau ke tengah laut dalam Festival Kupat Lepet Lomban di Jepara. Foto/Humas
loading...
Loading...
Pelarungan kepala kerbau ke tengah laut dalam Festival Kupat Lepet Lomban di Jepara. Foto/Humas

JEPARA, JOGLOSEMARNEWS.COM Sedikitnya 1.500 warga memadati Festival Kupat Lepet Pesta Lomban 2019 di Pantai Kartini Kabupaten Jepara, Rabu (12/6/2019). Polres setempat pun memberikan pengamanan maksimal dengan mengerahkan 500 personel.

Festival itu merapakan agenda rutin tahunan masyarakat Jepra sebagai simbol rasa syukur dari para nelayan Jepara. Festival digelar atas limpahan rejeki serta doa agar mendapatkan perlindungan keselamatan kepada Allah SWT.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Plt. Bupati Dian Kristiandi, Kapolres AKBP Arif Budiman, Dandim 0719 diwakilkan oleh Kasdim Mayor Inf Muh. Nurul Chabibi, jajaran Forkompida dan masyarakat yang mengikuti prosesi lomban sekitar 1.500 orang.

Baca Juga :  Cerita Gubernur Jateng Diprotes Petani di Kudus Gara-gara Lubang

Festival dimeriahkan dengan kehadiran Forkompida dan ribuan masyarakat mengikuti pelarungan kepala kerbau di tengah laut.

Dalam sambutannya, Plt. Bupati Jepara Dian Kristiandi menjelaskan bahwa kegiatan festival kupat lepet merupakan bagian terakhir dalam rangkaian pesta lomban Kabupaten Jepara tahun 2019.

Ia berharap agar dan festival itu dapat menunjang Bidang Pariwisata Jepara serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Pelaksanaan rangkaian pesta lomban Jepara tahun 2019 mendapat apresiasi positif dengan peningkatan dalam hal peserta. Tahun ini festival itu diikuti oleh sekitar 1.500 orang yang artinya masyarakat Jepara antusias dalam melestarikan budaya Jepara.

“Setidaknya lebih dari 500 personel kami terjunkan untuk mengamankan kegiatan tradisi lomban ini serta mengamankan obyek – obyek wisata terutama obyek wisata pantai yang ada di wilayah Jepara. Alhamdulillah selama berlangsungnya kegiatan terdapat situasi aman dan kondusif,” papar Kapolres AKBP Arif Budiman. Wardoyo

Baca Juga :  Tembok SMAN Pekalongan Mendadak Runtuh, Satu Buruh Bangunan Tewas Mengenaskan Tertimpa Retuntuhan

 

Loading...