JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Gubernur DIY Tak Inginkan Tol Terintegrasi Bandara, Ini Sebabnya

Sri Sultan HB X
Sultan HB X / Tribunnews
   
Tribunnews

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X tidak menginginkan tol Solo-Yogya terintegrasi dengan bandara internasional Yogyakarta International Airport (YIA).

Ia menyebut, nantinya pintu masuk tol dari Yogya akan melewati kawasan Manisrenggo. Dan hal itu sudah disebit dalam beberapa kesepakatan mengenai tol Yogya-Solo.

“Itu sudah selesai, nanti lewat Manisrenggo,” ujar Sultan HB X usai penandatanganan nota kesepahaman pembiayaan Ultra Mikro (UMi) di Kepatihan,  Kamis (27/6/2019) lalu.

Baca Juga :  Warga Gunungkidul Ini Tewas Terlentang dengan Daun Salam Terpegang di Tangan Kirinya

Sementara sebelumnya, Sultan mengatakan mengenai tidak adanya tol melalui bandara. Pasalnya, akses tol di bandara akan berdampak kurang positif bagi ekonomi Yoguakarya maupun Kulonprogo.

“Tidak ada tol bandara, engga ada,” jelasnya.

Sri Sultan HB X menyatakan kekhawatirannya jika Bandara YIA terintegrasi langsung dengan jalur tol, hal itu bisa jadi pengguna jasa penerbangan hanya akan lewat begitu saja, tanpa mampir Yogyakarta maupun Kulon Progo.

Baca Juga :  Dua Orang Ini Resmi Jadi Buron Polres Bantul, Siapa yang Tahu Diimbau Lapor

Kekhawatiran dan alasan ketidaksetujuan atau penolakan Gubernur DIY terhadap integrasi bandara internasional Yogyakartadan jalur tol itu berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi wilayah DIY dan Kulon Progo.

Hal itu ia ungkapkan seusai acara Syawalan di Taman Budaya Kulon Progo, Rabu (19/6/2019) lalu.

Sri Sultan HB X mengatakan bahwa Bandara Internasional  Yogyakarta (YIA) di Temon, Kabupaten Kulon Progo, dimungkinkan tidak akan terintegrasi secara langsung dengan jalur jalan tol.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com