loading...
Loading...
Bengkel motor saat memberi layanan. surya/hanif manshuri

JOGLOSEMARNEWS,COM – Momen mudik Lebaran 2019 telah berlalu, dan sebagian masyarakat telah melakukan aktifitas seperti semula.

Salah satu kendaraan pribadi yang digunakan oleh pemudik adalah sepeda motor. Sepeda motor dipilih untuk mudik karena dengan berbagai alasan.

Sebaiknya pemudik yang menggunakan sepeda motor segera melakukan kondisi kendaraannya.

Agar aktivitas sehari-hari dapat berjalan dengan lancar dan nyaman.

Berikut tips perawatan motor pasca mudik lebaran dari MPM Honda Sidoarjo.

1. Ganti Oli

Segera ganti oli mesin supaya mesin tetap dalam keadaan prima.

“Kerja mesin saat digunakan mudik lebaran biasanya lebih keras dari hari biasa. Tak ada salahnya segera mengganti oli mesin agar mesin awet,” ujar Technical Service Division Head MPM Honda Sidoarjo, Satyo Pranowo kepada TribunJatim.com, Kamis (13/6/2019).

Baca Juga :  Ruang Rahasia Milik Gubernur Kepri Nurdin Basirun Disegel KPK

2. Perhatikan Kondisi Filter Udara

Filter udara pada motor biasanya menggunakan tipe viscous elemen. Dimana memiliki semacam kandungan oli yang dapat memerangkap debu.

“Filter udara jenis ini tidak perlu disberihkan. Bila memang terlihat kotor dan sudah terlihat menghitam lebih baik segera ganti. Karena bila komponen ini kotor maka sangat berpengaruh kepada kinerja mesin,” terangnya.

Baca Juga :  PSI Tidak Akan Minta Jatah Menteri ke Jokowi

3. Rantai Dan CVT

Rantai dan CVT memerlukan perhatian khusus. Karena dua komponen ini merupakan penyalur tenaga dari mesin menuju roda.

“Jika rantai terlihat aus segera ganti berikut dengan gir depan dan belakang. Sedangkan untuk CVT lakukan pembersihan berkala tiap 8000 km dan untuk penggantiannya sendiri tiap 24.000 km,” bebernya.

4. Cek Busi

“Periksa kondisi busi dari keausan pada elektroda busi. Ganti segera bila diperlukan agar tenaga mesin selalu terjaga dengan baik,” jelas Satyo.

5. Cek Ban dan Kampas Rem

Baca Juga :  Ini Gaya Bahasa Nonverbal Jokowi Saat Ketemu Prabowo di MRT

Satu hal yang paling penting, cek kondisi ban dan kampas rem.

“Ban jangan sampai aus. Perhatikan tanda segitiga samping di dinding ban. Apabila alur ban sudah rata atau sama dengan tanda tersebut segera ganti,” tuturnya.

Hal senada juga sama dengan kampas rem. Untuk rem cakram, bila tabung minyak rem sudah di posisi Low segera ganti kampas.

“Untuk kampas rem tromol dapat dilihat dengan melihat indikator di bagian tromol. Baik rem dan ban merupakan salah satu komponen keselamatan. Segera ganti bila terlihat aus,” tandasnya.

www.tribunnews.com

Iklan
Loading...