JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Jumlah Pendaftar Registrasi PPDB di SMAN 1 Sragen Mencapai 806 Siswa. Calon Siswa Dibolehkan Ganti Pilihan, Begini Mekanismenya! 

Proses registrasi PPDB di SMAN 1 Sragen. Foto/Wardoyo
madu borneo
madu borneo
madu borneo

Proses registrasi PPDB di SMAN 1 Sragen. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM SMAN 1 Sragen masih menjadi primadona bagi calon siswa baru di tahun ajaran 2019/2020. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya calon siswa yang memburu kursi di SMAN terfavorit di Sragen tersebut.

Data yang tercatat di panitia PPDB 2019, total ada 806 peserta yang melakukan registrasi dan mengambil token di SMAN 1 Sragen.

Angka itu merupakan akumulasi selama lima hari tahapan pembukaan registrasi berkas dan token yang digelar sejak 24-28 Juni 2019.

“Berdasarkan data dari panitia PPDB, jumlah keseluruhan peserta yang melakukan registrasi dan pengambilan token di SMAN 1 Sragen sebanyak 806 siswa,” papar Kepala SMAN 1 Sragen, Beti Marga Sulistyawati, Minggu (29/6/2019).

Beti menguraikan dari jumlah itu, memang baru sebatas melakukan registrasi dan pengambilan token saja. Sedangkan kepastian mendaftarnya baru akan terlihat pada tahap pendaftaran yang akan mulai dibuka tanggal 1-5 Juli besok.

Baca Juga :  Misteri Ringseknya Mobil Dinas Wakil Ketua DPRD Pekalongan Yang Kecelakaan Maut di Tol Sragen. Airbag Masih Mengembang, Bercak Darah Terlihat Berceceran di Jok

Pendaftaran nantinya bisa dilakukan lewat rumah dengan cara online, atau datang sendiri ke sekolah yang didaftar.Menurutnya, berdasarkan ketentuan, peserta juga bisa merubah pilihan jika pilihan awalnya ternyata sudah kehilangan peluang diterima.

Ia tak menampik sistem zonasi dengan prioritas jarak ke sekolah, memang membuat masyarakat sedikit kebingungan. Akan tetapi adanya kebijakan dari Gubernur yang menambah kuota jalur prestasi menjadi 20 persen di dalam zona, dirasa sudah sangat membantu bagi siswa berprestasi yang jaraknya agak jauh namun masih dalam zona.

“Tapi kebijakan dari Gubernur sudah bagus karena ada tambahan kuota 20 persen untuk jalur prestasi dalam zona. Untuk jalur prestasi dari luar zona juga masih ada peluang kuota 5 persen. Yang zonasi berdasarkan kedekatan kuotanya 70 persen. Kemudian untuk kuota perpindahan orang tua 5 persen nanti kalau enggak terisi akan diakumulasikan ke kuota prestasi luar zona yang juga disediakan 5 persen. Jadi kuota prestasi luar zona nanti bisa bertambah jika kuota perpindahan orangtua tidak terisi,” terangnya.

Baca Juga :  Bertahun-tahun Dirindukan, Jalan Kampung di Desa Terpencil Sragen Ini Akhirnya Selesai Dibangun dari Program TMMD TNI. Dandim Berharap Bisa Dimanfaatkan Warga!

SMAN 1 Sragen sendiri tahun akademik ini menyediakan 396 kursi.

Sementara salah satu panitia PPDB SMAN 1 Sragen, Endang Sri Darmiyati menyampaikan untuk tanggal 24-28 Juni siswa baru melakukan registrasi berkas dan pengambilan token.

Sedangkan pendaftaran untuk memilih sekolah yang didaftari, baru akan dibuka 1-5 Juli 2019.

“Daftarnya bisa di rumah secara online itu, bisa juga ke sekolah. Kalau kesulitan, datang saja ke sekolah. Nanti ngisi pilihan sekolahnya masih tanggal 1-5 Juli. Calon siswa juga bisa ganti pilihan. Misal melihat nggak masuk di pilihan awalnya, nanti tinggal merubah ke operator. Bisa juga merubah dari rumah lewat token. Kalau kesulitan bisa datang ke sekolah,” tandasnya. Wardoyo