JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

UMS Mewisuda 1.073 Mahasiswa, Rektor Berpesan Agar Lulusannya Tidak Ada yang Dikabarkan Curang dan Korupsi

SUKOHARJO (JOGLOSEMARNEWS.COM )-Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mewisuda sebanyak 1.073 mahasiswa yang terdiri 991 wisudawan dari Program Strata I (S-1) dan 82 wisudawan dari program pascasarjana (S-2), Sabtu (29/6/2019).

Bertempat di Gedung Olahraga UMS, semua wisudawan dan keluarga mengikuti prosesi upacara wisuda periode IV tahun ajaran 2018/2019. Lulusan terbaik dari Program Pascasarjana (S-2) diraih oleh Tri Santoso alumni Magister Pendidikan Bahasa Indonesia dengan perolehan IPK 4,00.

Sementara lulusan terbaik dari Program Strata I (S-1) diraih oleh Rafiqa Maharani Putri Siregar mahasiswa Informatika dengan perolehan IPK 3,92. Lulusan tercepat dan termuda, berhasil diselesai oleh Puspita Ayuningtyas mahasiswi Fisioterapi S-1, yang lulus pada umur 20 tahun, 10 bulan, 15 hari.

Baca Juga :  Tim PKM UNS Tawarkan Solusi Ketahanan Pakan Ternak di Yogyakarta

Pada wisuda periode ini, sejumlah 370 mahasiswa meraih predikat cumlaude. Terdapat pula wisudawan dari luar negeri sebanyak 4 wisudawan, yang berasal dari Pattani – Thailand, Champasak – Laos, Zvimba – Zimbabwe, dan Mukono – Uganda.

Rektor UMS, Dr. Sofyan Anif, M.Si. dalam amanahnya menyampaikan pesan bahwa lulusan UMS, selama masa kuliah telah dibekali pendidikan IPTEK dan ajaran keislaman. “Saya berpesan kepada lulusan kali ini, selama kuliah di UMS sudah dibekali IPTEk dan Keagamaan. Ini menjadi modal besar dalam dunia kerja nanti. Jangan sampai nanti keluar berita, lulusan UMS berbuat korupsi, curang, berbohong, ini sangat tidak diinginkan, karena kalian telah dibekali ilmu keagamaan dan IPTEK yang kuat,” ujar Rektor.

Baca Juga :  Biro Mawa UNS Gelar Koordinasi Pemilihan Anggota MWA Unsur Mahasiswa

Harapan rektor lainnya, agar para lulusan UMS tidak hanyamenjadi kader Muhammadiyah, melainkan jadi kader bangsa dan negara untuk mewujudkan negara yang baldatun thoyyibatun wa rabbun ghofur. Terakhir, Rektor juga mengajak kepada Wisudawan dan wali wisudawan, untuk kembali mempercayai UMS sebagai wahana pendidikan perguruan tinggi, sebagai pusat wacana keilmuan dan keislaman.

Dengan wisuda kali ini maka, data yang tercatat di Biro Administrasi Akademik, UMS telah meluluskan 122.726 wisudawan dari program Diploma III (D-III), Sarjana Strata Satu (S-1), Program Sarjana (S-2) dan Program Doktor (S-3).(Triawati)