JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Semarang

Kerahkan 500 Personel, Kapolres Jepara Dukung Pelestarian Tradisi Festival Kupat Lepet di Pantai Kartini

surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Foto/Humas

JEPARA, JOGLOSEMARNEWS.COM Festival Kupat Lepet Pesta Lomban 2019 di Pantai Kartini Kabupaten Jepara, Rabu (12/6/2019) terbilang sukses. Selain angka pengunjung yang menyentuh 1.500 orang, festival itu juga mampu menjadi wahana penerus tradisi yang sudah bertahun-tahun dijalankan di Bumi Kartini.

Sekadar tahu, festival lomban merupakan tradisi masyarakat Kabupaten Jepara sebagai simbol rasa syukur dari para nelayan atas limpahan rejeki serta doa agar mendapatkan perlindungan keselamatan kepada Allah SWT.

Festival dimeriahkan dengan kehadiran Forkompida dan ribuan masyarakat mengikuti pelarungan kepala kerbau di tengah laut.

Sekitar pukul 08.00 WIB kegiatan pelarungan kepala kerbau dilaksanakan dengan diiringi memanjatkan doa ke Allah SWT. Usai melaksanakan pelarungan, kendaraan laut yang terdiri dari Kapal Patroli Pos Kamla Jepara, Kapal LCR Kompi Air Bek-Angdam IV/ Diponegoro, Kapal Patroli Polair Polres Jepara, Kapal Basarnas Jepara, Kapal Syahbandar Jepara serta Kapal Nelayan Jepara sekitar 158 kapal menuju ke Dermaga Kartini Kabupaten Jepara.

Baca Juga :  Tak Pakai Masker, 197 Warga Kendal Jalani Sanksi Bersih-bersih Lingkungan

Selanjutnya dilakukan prosesi dari Festival Kupat Lepet Pesta Lomban 2019 di Pantai Kartini Kabupaten Jepara.

Kapolres Jepara, AKBP Arif Budiman mengapresiasi tradisi Festival Kupat Lepet Pesta Lomban adalah ungkapan rasa syukur dari masyarakat Jepara.

Ia bahkan mendorong dan mendukung tradisi asli Jepara itu terus dipertahankan.

Polres setempat pun memberikan pengamanan maksimal dengan mengerahkan 500 personel.

Baca Juga :  Sepanjang 2020, Sebanyak 3.189 Warga Jateng Terjangkit DBD

“Festival ini merupakan salah satu budaya asli dari masyarakat Jepara yang harus selalu lestari. Dan Kami dari Polres Jepara akan selalu siap untuk memberikan pengamanan pada seluruh kegiatan masyarakat Kabupaten Jepara sehingga kegiatan masyarakat tersebut berlangsung dengan aman dan kondusif,” ujar Kapolres seusai acara.

Dalam sambutannya, Plt. Bupati Jepara Dian Kristiandi menjelaskan bahwa kegiatan festival kupat lepet merupakan bagian terakhir dalam rangkaian pesta lomban Kabupaten Jepara tahun 2019.

Ia berharap agar dan festival itu dapat menunjang Bidang Pariwisata Jepara serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Wardoyo