JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Liburan di Sragen, Simak 5 Destinasi Wisata Terpopuler dan Pusat Oleh-Oleh di Sragen Berikut 

Mantan Mendiknas dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat berkunjung dan mengamati fosil di Museum Sangiran, Kalijambe, Sragen. Foto/Wardoyo
   
Mantan Mendiknas dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat berkunjung dan mengamati fosil di Museum Sangiran, Kalijambe, Sragen. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Momen lebaran banyak dimanfaatkan oleh masyarakat yang sedang mudik di kampung halaman untuk bersilaturahmi dengan keluarga.

Namun, tak ada salahnya, senyampang mudik ke kampung, liburan juga lebih afdhal diisi dengan menyambangi obyek wisata yang ada di Bumi Sukowati.

Nah, berikut daftar destinasi wisata terpopuler di Sragen yang bisa dikunjungi:

1. MUSEUM SANGIRAN 

Terletak di desa Krikilan,Kec. Kalijambe ( + 40 km dari Sragen atau +17 km dari Solo) Sangiran Dome menyimpan puluhan ribu fosil dari jaman pleistocen ( + 2 juta tahun lalu). Fosil-fosil purba ini merupakan 65 % fosil hominid purba di Indonesia dan 50 % di seluruh dunia.

Hingga saat ini telah ditemukan lebih dari 13.685 fosil 2.931 fosil ada di Museum, sisanya disimpan di gudang penyimpanan.

Sebagai World Heritage List (Warisan Budaya Dunia). Museum ini memiliki fasilitas-fasilitas diantaranya :ruang pameran (fosil manusia, binatang purba), laboratorium, gudang fosil, ruang slide dan kios-kios souvenir khas Sangiran.

2. WADUK KEDUNG OMBO

Baca Juga :  Terbaik, Bank Djoko Tingkir Sragen Tetap Konsisten Kembali Meraih Penghargaan TOP BUMD Tahun 2024 Golden Trophy

Lokasi obyek wisata Waduk Kedung Ombo yang menjadi andalan Sragen terletak di Kecamatan Sumberlawang, sekitar 30 km dari pusat kota.

Selain disuguhi pemandangan nan indah, para pengunjung Waduk Kedung Ombo bisa menikmati wisata air, menumpang perahu motor bertualang mengunjungi pulau-pulau yang bermunculan di tengah waduk.

3. PEMANDIAN AIR PANAS BAYANAN Pemandian Air Panas Bayanan ini terletak tepat di sebelah tenggara ibukota Kabupaten Sragen yaitu di Dusun Bayanan, Desa Jambeyan, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen.

Secara geografis, Pemandian Air Panas Bayanan terletak sekitar 17 km di sebelah tenggara ibukota Kabupaten Sragen. Di obyek wisata ini, pengunjung bisa menikmati keaslian dari air panas Bayanan yang konon dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

4. DAYU PARK 

Obyek wisata ini berlokasi di Desa Dayu, Saradan, Karangmalang. Letaknya sekitar 5 kilometer dari pusat kota dan menyajikan berbagai wahana mulai dari kolam renang, kebun binatang mini dan wisata alam lainnya.

5. TAMAN DOA MARIA NGRAWOH

Taman doa ini berlokasi di Ngrawoh, Gesi, Sragen. Meski bernuansa nasrani, taman doa ini juga banyak dikunjungi wisatawan dari agama lain karena keelokan nuansa dan kesakralan lokasinya.

Baca Juga :  Ramadhan di Sragen: Patroli Gabungan Samapta Polres Sragen dan Polsek Cegah Balap Liar dan Knalpot Brong

 

TEMPAT OLEH-OLEH KHAS SRAGEN:

1. Sentra Bisnis Batik Sragen (SBBS) dan Galery Batik Sukowati 

Sebagai salah satu daerah penghasil batik, salah satu oleh-oleh yang cocok untuk dibawa dari Sragen adalah batik. SBBS dan Galery Batik Sukowati sama-sama terletak di pusat Kota Sragen. Kedua toko ini menyediakan aneka barang kerajinan dan produk unggulan khas Sragen.

Ada produk batik mulai dari batik tulis hingga printing beraneka corak dan motif siap memanjakan penggemar fashion berbahan batik.

2. Semangka Masaran dan Gawan

Selain dikenal dengan kerajinan batik, Sragen juga dikenal lewat produk hortikultura khususnya Semangka. Sentra buah Semangka di Sragen ada di dua lokasi yakni di sepanjang jalan Masaran (yang dilalui jalur Solo-Sragen) dan sepanjang Desa Gawan, Tanon (jalur alternatif Sragen-Sumberlawang).

3.  Desa Wisata Batik di Pilang dan Kliwonan Masaran

Sumber: Litbang JSNews dan Berbagai Sumber 

 

 

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com