JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Protes Anjloknya Harga Ayam, Pinsar Bagikan 8.000 Ayam 

Tempo.co
   
Tempo.co

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar) Jawa Tengah dan DIY membagikan ribuan ayam gratis untuk warga Solo, Rabu (26/6/2019). Sebanyak delapan ribu ekor ayam dibagikan untuk warga di lima kecamatan di Kota Solo sebagai bentuk protes pada pemerintah terkait harga jual ayam di tingkat peternak yang cukup rendah.

“Selain di Solo, juga ada pembagian di Klaten. Kami menyiapkan 10 ribu ekor ayam untuk Solo dan Klaten dimana delapan ribu dibagikan di Kota Solo, sisanya di Klaten. Kami juga menggelar kegiatan sama di Semarang dan Yogyakarta,” urai Ketua Pinsar Jateng, Pardjuni.

Baca Juga :  Mangkunegara X Jadi Salah Satu Calon Walikota Solo Paling Dominan, Gibran Sebut Akan Ada Kejutan

Menurut Pardjuni, penyebab jatuhnya harga jual ayam di tingkat peternak karena jumlah bibit ayam yang beredar terlalu banyak sehingga over supply.

“Maka harganya anjlok. Daripada kita buang, lebih baik kita sedekahkan kepada masyarakat saja,” ujarnya.

Baca Juga :  Teguh Prakosa, Wakil Gibran Akan Daftar Jadi Calon Walikota Solo, Yakin Partainya Melihat Figur Internal

Saat ini harga ayam hidup di tingkat peternak dijual sekitar Rp 9 ribu per kg. Padahal jika sesuai harga acuan Kementerian Perdagangan, harga ayam hidup seharusnya Rp 18 ribu hingga Rp 20 ribu per kg.

“Ini sudah parah sekali, bahkan lebih parah dibandingkan saat ada flu burung. Ini harus ditangani di tingkat pemerintah pusat,” tukasnya. Triawati PP

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com