loading...
Loading...
Istimewa

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM– Siswa SDN 5 Wirun Sukoharjo mementaskan wayang Ramayana dari limbah kertas, Sabtu (15/6/2019), di sekolah setempat. Pentas seni tersebut sebagai puncak dan hasil pendampingan akan teknik daur ulang berupa limbah kertas yang diolah kembali menjadi benda bernilai seni tinggi berupa wayang yang mengambil tokoh dari cerita Ramayana.

Ketua Tim Pelaksana, Rahel Olivia Chandra Estoni Putri menuturkan, seluruh peserta dari siswa SD Negeri 05 Wirun Sukoharjo dalam satu kelas dibagi menjadi beberapa kelompok, selain didampingi dalam pembuatan tokoh wayang, para siswa akan dilatih menyusun naskah cerita, serta memainkan boneka wayang sesuai karakter seperti Rama, Shinta, Rahwana, dan Hanoman.

Baca Juga :  Tumbuhkan Perilaku Positif di SMPN 8 Solo Dengan Kegiatan PLS

“Pentas ini sebagai hasil akhir dari pelatihan tim PKM-M mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta yang lolos seleksi dan didanai oleh Kemenristekdikti melalui PKM – M (Program Kreativitas Mahasiswa – Pengabdian Kepada Masyarakat) tahun 2019 dengan judul “Pengenalan Cerita Wayang Ramayana Bersama WALIMBA (Wayang Kertas Limbah) Untuk Siswa SD Negeri 05 Wirun Sukoharjo,” urainya dalam rilis.

Baca Juga :  Gubernur Jateng Berikan Penghargaan ke SD Kristen Widya Wacana Jamseran

Pentas ini juga diformat seperti pertunjukan boneka lengkap dengan kotak sebagai panggung dan bertujuan mengenal dan melestarikan seni tradisi, khususnya wayang, serta mendukung Desa Wirun sebagai desa wisata tematik yang terkenal sebagai desa penghasil wayang di Sukoharjo.

Baca Juga :  MPLS, Siswa SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Diajak Bercocok Tanam Dalam Pot

“Kegiatan ini di monitoring dan evaluasi oleh Kemenristekdikti besuk sekitar 27-28 Juni 2019 sebagai seleksi untuk bisa lolos di PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) Tahun 2019 yang akan diselenggarakan oleh Universitas Udayana, Bali sebagai tuan rumah,” tukas Rahel. Triawati PP

Iklan
Loading...