loading...
Loading...
Tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM –  Warga California dibuat panik dan kalang kabut. Pasalnya, wilayah tersebut dilanda gempa bumi berkekuatan 7,1 selama dua hari berturut-turut sejak Jumat (5/7/2019) malam.

Bahkan, gempa yang terjadi di California Selatan, Amerika Serikat tersebut diklaim merupakan gempa terkuat sejak tahun 1999.

Sehari sebelumnya gempa telah menerjang California Selatan. Keesokan malam gempa kembali terjadi dengan kekuatan lima kali lebih kuat.

Menurut Badan Geologi Amerika Serikat, pusat gempa terbaru terjadi 11 mil arah timur laut kota Ridgecrest.

Gempa seketika membuat aliran listrik terputus, gedung-gedung bergerak dan benda-benda yang bergantung bergoyang cepat, dan air di kolam renang terguncang keluar.

Kobaran api muncul dari dalam restoran di Ridgecres diduga akibat saluran gas bocor.

Warga Ridgecrest ketakutan dan memilih tidur di luar setelah gempa kedua yang lebih kuat menerjang kota itu.

Baca Juga :  Bangkai Kapal Perang Jermann Sibak Sejarah Perang Dunia I

“Mereka sangat takut berada di dalam rumah mereka dan kami menyediakan layanan lebih awal, kami menyediakan tempat untuk tinggal di sini, namun banyak yang memilih bersama tetangga mereka di sisi jalan dan di jalan lintasan mobil dan beberapa di antaranya di jalan-jalan,” kata Peggy Breeden, wali kota Ridgecrest, seperti dikutip dari CNN.

Dua penyiar televisi KCAL/KCBS yang berafiliasi dengan CNN sedang bertugas untuk menyiarkan langsung gempa, namun mendadak gedung tempat mereka bekerja bergoyang pada Jumat malam, membuat keduanya ketakutan dan menyelamatkan diri dengan merunduk di bawah meja.

Pasien-pasien yang dirawat di Rumah Sakit Regional Ridgecrest terpaksa dibawa ke luar gedung. Para perawat memasang tendar di luar dan suara sirene terdengar di malam yang gelap.

Hotel-hotel di sekitar rumah sakit gelap karena aliran listrik terputus. Sehingga kota Ridgecrest malam itu gelap gulita.

Baca Juga :  9 Batu Misterius Mirip Manusia 4.000 Tahun Ditemukan Di Situs Perapian Kuno

Gubernur California, Gavin Newsom mengumumkan situasi darurat di Kota San Bernardino menyusul gempa kedua yang berkekuatan besar pada hari Jumat, 5 Juli 2019.

Sehari sebelumnya, status darurat diberlakukan di kota Ridgecrest.

Pasien-pasien yang dirawat di Rumah Sakit Regional Ridgecrest terpaksa dibawa ke luar gedung. Para perawat memasang tendar di luar dan suara sirene terdengar di malam yang gelap.

Gempa dahsyat yang terjadi 2 hari di California Selatan melukai sejumlah orang dan dilaporkan tidak ada korban jiwa.

www.tempo.co

Loading...