JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Masta PMB UMS 2019, Pengenalan Kampus Bagi Maru Yang Jauh Dari Kekerasan

168
loading...
Loading...
Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar kegiatan penyambutan mahasiswa baru yang diberi tajuk Masa Ta’aruf Penyambutan Mahasiswa Baru (Masta-PMB) 2019. Dok UMS

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM -Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar kegiatan penyambutan mahasiswa baru yang diberi tajuk Masa Ta’aruf Penyambutan Mahasiswa Baru (Masta-PMB) 2019. Untuk penyambutan mahasiswa baru ini akan terbagi dalam 8 kloter. Kloter pertama berlangsung Senin-Selasa (22-24/7/2018) dengan diikuti 1.000 mahasiswa.
Lewat Masta-PMB ini, mahasiswa baru UMS mulai dikenalkan dengan lingkungna dan kehidupan di kampus mulai aktivitas kampus hingga seluk-beluk perkuliahan. “Penyambutan mahasiswa baru UMS kali ini dibagi dalam delapan kloter. Kloter pertama berlangsung 22-24 Juli 2019, dan nanti disusul dengan kloter berikutnya hingga berakhir pada 22 Agustus mendatang,” ungkap Wakil Rektor III, Taufiq Kasturi Ph.D.
Rektor UMS, Dr Sofyan Anif M.Si, Masta PMB yaitu kegiatab mengenalkan tentang kemuhammadiyahan kepada para mahasiswa baru. Di hadapan mahasiswa baru kloter pertama, Rektor mengupas tentang kemuhammadiyahan, mulai dari arti dari Muhammadiyah sampai Amal Usaha yang di miliki Muhammadiyah untuk menebar manfaat ke masyarakat.
“Muhammadiyah berasal dari kata Muhammad dan -Iyah. Berrati Muhammadiyah adalah jamaah yang menaladani Nabi Muhammad SAW,” jelasnya, Senin (22/7/2019).
Rektor juga menjelaskan jika Muhammadiyah sebagai gerakan Islam yang bersumber dari Alqur’an dan As-Sunnah. Kemudian Muhammadiyah juga menjadi gerakan dakwah, yang menyeru pada kebaikan dan mencegah kemunkaran. Selain itu Muhammadiyah sebagai gerakan Tajdid, yang selalu melakukan pembaharuan mengimbangi peradaban manusia.

Baca Juga :  UNS Jadi Tuan Rumah Bimtek Tenaga Ahli Muda K3 Konstruksi

“Muhammadiyah memiliki berbagai macam Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) salah satunya di Bidang Pendidikan. Tak terkecuali UMS yang merupakan Perguran Tinggi, sebagai salah satu AUM dari ratusan Perguruan Tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia. Bahkan Jumlah sekolah-sekolah Muhammadiyah, lebih banyak dibandingkan sekolah milik pemerintah,” paparnya.
Dijadwalkan kegiatan penyambutan mahasiswa baru tersebut akan berakhir pada 8 Agustus 2019, terbagi menjadi 8 Kloter. Dan tiap harinya diikuti oleh 1.000 hingga 1.200 mahasiswa baru, terbagi pada beberapa ruang pelaksanaan. Triawati PP

Baca Juga :  Gelar Diskusi Soal Polemik UU KPK, BEM Uniba Dorong Uji Materi MK
Loading...