JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

3000 Penyelam Torehkan Sejarah Pecahkan 2 Rekor Dunia Selam Guinnes Book of Record di Pantai Megamas Manado. Polda Jateng Kirimkan 59 Orang 

Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Ketua WASI, Ny Tri Tito Karnavian saat memimpin persiapan pemecahan rekor dunia selam di pantai Megamas, Manado, Sabtu (3/8/2019). Foto/Istimewa
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

IMG 20190803 WA0004
Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Ketua WASI, Ny Tri Tito Karnavian saat memimpin persiapan pemecahan rekor dunia selam di pantai Megamas, Manado, Sabtu (3/8/2019). Foto/Istimewa

MANADO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pantai Kawasan Megamas, Manado, Sabtu (3/8/2019) pagi ini bakal mencatatkan sejarah. Pasalnya, hari ini di pantai yang memiliki air berwarna biru itu, akan mencatatkan nama Indonesia sejarah di dunia selam.

Bukan hanya satu, tapi dua rekor dunia selam atau Guinness World Record (GWR) yang akan dicatatkan untuk sejarah baru Indonesia. Yaitu memecahkan rekor penyelaman massal terbanyak (Most People Scuba Diving) dan pembentangan bendera terbesar di bawah air (Largest Unfurled Flag Underwater).

Panitia menyebut bahwa untuk hari ini, lebih dari 3000 penyelam yang berpartisipasi. Mereka terdiri dari berbagai usia dan gender.

Di lokasi, ribuan penyelam yang sudah dikelompokkan telah bersiap untuk memecahkan dua rekor sekaligus. Pengunjung pun tampak antusias.

Baca Juga :  Menkes Terawan Isyaratkan Iuran BPJS Kesehatan Bisa Naik, Ini Dasarnya

Sebab berbeda dengan Kamis (1/8/2019), pengunjung yang ingin menyaksikan pemecahan rekor dunia hari ini tampak lebih ramai. Bahkan ada yang membawa seluruh keluarganya untuk menyaksikan aksi tersebut.

Kebetulan pada Sabtu-Minggu Kawasan Megamas menjadi lokasi yang biasa digunakan warga Manado untuk berolahraga. Sebab pemerintah menetapkan hari itu adalah hari bebas kendaraan atau car free day.

Sebelumnya pada Kamis (1/8/2019) Wanita Selam Indonesia (WASI) dan ratusan penyelam berhasil memecahkan rekor rangkaian manusia terpanjang di bawah air (Longest Human Chains Underwater). Mereka berhasil bergandengan tangan tanpa terputus selama lebih dari 7 menit di laut biru itu.

Baca Juga :  Pengamat: Pencopotan Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Jabar Diduga Terkait Pilpres 2024

Kabid Humas Polda Jateng, Kombespol Agus Triatmaja mengatakan Polda Jateng sendiri akan mengirimkan 59 orang yang terdiri dari 3 Offcial 2 tenaga kesehatan 49 penyelam utama meliputi 13 penyelam Polki, 36 penyelam polwan dan 1 rescue Driver yang akan mengcover seluruh 49 penyelam dari Polda Jawa Tengah.

Tiga rekor yang akan dipecahkan itu di antaranya, penyelaman massal terbanyak (Longest Human Chain Underwater), lalu angkaian penyelam terpanjang dibawah air (Most People Scuba Diving), dan terakhir pembentangan bendera terbesar dibawah air (Largest Unfurled Flag Underwater). (*/Wardoyo)