JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Wedang Uwuh Akan Dipatenkan Jadi Produk Asli Bantul, Bukan Produk Kecamatan Manapun

Dwi Karti Handayani, 49, menunjukkan packaging wedang uwuh yang lebih menarik. Bisa digunakan sebagai cinderamata. Tribunjogja.com
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Dwi Karti Handayani, 49, menunjukkan packaging wedang uwuh yang lebih menarik. Bisa digunakan sebagai cinderamata. Tribunjogja.com

BANTUL, JOGLOSEMARNEWS.COM – Wedang uwuh yang merupakan minuman tradisional yang berisikan rempah dedaunan yang biasanya disajikan memakai campuran gula batu. Wedang tersebut memiliki rasa manis namun sedikit pedas karena adanya jahe.

Rencananya wedang uwuh akan dipatenkan menjadi produk asli dari Kabupaten Bantul secara Indikasi Geografis.

Penyusunan tersebut dibahas bersamaan dengan kegiatan launching e-commerce di Gedung Induk lantai 3, kompleks Parasamya, Jumat (2/8/2019)

Dwi Karti Handayani, salah satu koordinator dalam penyusunan Wedang Uwuh jadi produk asli Bantul mengatakan saat ini dirinya bersama para pedagang difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten sedang dalam proses melengkapi syarat untuk sertifikasi yang diajukan ke Dirjen Kekayaan Intelektual Kemenkumham.

Baca Juga :  Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 di DIY Meningkat, Capai 85 Persen

Salah satu syaratnya adalah membuat buku.

“Kami sedang menulis buku sebagai sarat pengajuan sertifikasi indikasi geografis wedang uwuh. Saat ini baru 80 persen. Arahnya kita ingin mematenkan wedang uwuh sebagai produk asli dari Kabupaten Bantul,” katanya, ditemui di gedung Induk parasamya, Jumat siang.

Indikasi Geografis sendiri merupakan tanda yang menunjukkan daerah asal suatu benda atau produk yang karena faktor lingkungan, geografis, termasuk faktor alam, manusia atau kombinasi dari kedua faktor tersebut memberikan reputasi, kualitas dan karakteristik tertentu pada barang ataupun produk yang dihasilkan.

Wedang uwuh selama ini oleh masyarakat luas dikenal sebagai minuman tradisional yang berasal dari Kecamatan Imogiri.

Baca Juga :  Destinasi Wisata di DIY Sudah Dibuka, Namun Transportasi Masih Sepi

Ketika nantinya bisa dikukuhkan menjadi produk asli dari Bantul, menurut Handayani maka secara otomatis tidak bisa diklaim lagi sebagai produk dari kecamatan manapun.

“Wedang uwuh nantinya bukan dari kecamatan manapun. Tapi menjadi produk asli Kabupaten Bantul,” ujar dia.

Wedang uwuh merupakan minuman tradisional yang berisikan rempah dedaunan yang biasanya disajikan memakai campuran gula batu.

Wedang tersebut memiliki rasa manis namun sedikit pedas karena adanya jahe.

Yang paling menarik dari wedang uwuh sebenarnya adalah warnanya, merah cerah.

Warna merah ini dihasilkan dari rempah kayu secang.

www.tribunnews.com