loading...
Loading...
Ribuan pucuk bendera merah putih mengepung Terminal Tipe A Tirtonadi Surakarta. Triawati

SOLO, JOGLOSEMARMEWS.COM– Ribuan pucuk bendera merah putih mengepung Terminal Tipe A Tirtonadi Surakarta. Pemandangan tersebit mulai terlihat sejak Kamis (1/8/2019) kawasan sekitar Terminal Tipe A Tirtonadi.

Menurut Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi, Joko Sutriyanto pengibaran ribuan bendera tersebut dilakukan sebagai bagian dari kemeriahan peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia.

“Untuk menggelorakan semangat nasionalisme, kami mengajak teman-teman komunitas yang ada di Terminal Tirtonadi untuk turut menyemarakkan, dengan memasang bendera di sekeliling Terminal Tirtonadi. Total ada 1000 bendera yang kita kibarkan,” ujarnya, Sabtu (3/8/2019).

Joko mengatakan, pihaknya melibatkan ratusan orang mulai dari puluhan komunitas, diantaranya adalah Komunitas Ojek Pangkalan, Komunitas Taksi dan Becak, Komunitas Pengasong, Komunitas Hikida, dan beberapa komunitas lain yang setiap hari mencari penghidupan di Terminal Tirtonadi untuk melaksanakam aksi pengibaran bendera tersebut.

Baca Juga :  Persiapkan Generasi Unggul, SD Muhammadiyah 1 Solo Suluh Pencegahan Stunting Sejak Dini

Selain itu Joko juga melibatkan karyawan dan karyawati di lingkungan Terminal Tirtonadi untuk ikut menyemarakkan acara tersebut. Sebagai puncak acara, Terminal Tirtonadi juga menggandeng masyarakat sekitar yakni PKK dan lainnya untuk ikut upacara bendera yang akan dilaksanakan pada 17 Agustus 2019 mendatang. Upacara sendiri bakal dilaksanakan di lantai atas Terminal Tirtonadi, sekaligus membuka acara pasar pakaian dan pangan murah serta berbagai lomba. Lomba sendiri akan berlangsung selama 4 hari, yakni pada 17-20 Agustus 2019.

“Kami memfasilitasi masyarakat yang ingin ikut dalam upacara bendera. Sebab kami sering mendengar mereka ingin ikut, tapi tidak ada wadahnya, makanya kami ajak bergabung semua. Perkara seragam, ya terserah, mau pakai daster boleh, pakai apa saja boleh. Sedangkan untuk petugas, semua berseragam lengkap.” imbuhnya.

Baca Juga :  UNS Gelar Sosialisasi SNMPTN, UTBK dan SBMPTN Kepada SMA/MA/SMK se-Soloraya

Terkait berbagai lomba yang diselenggarakan, pihaknya menggandeng berbagai komunitas anak muda untuk bergabung, diantaranya komunitas BMX, komunitas Skateboard, komunitas street ball, dan lainnya.

“Kita wadahi semuanya, karena terminal ini fasilitas publik, sudah seharusnya publik bisa memanfaatkan terminal seluas-luasnya, selama tidak mengganggu tugas pokok dan fungsi kami sebagai sarana perhubungan darat,” tukas Joko. Triawati PP

Loading...