loading...
Loading...
Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM– Ratusan warga menyerbu Poliklinik Kesehatan Desa (PKD) Delima di Dukuh Mojokopek, Desa Sambirejo, Kecamatan Plupuh, Sragen, Rabu (14/8/2019).

Warga yang mayoritas para lansia tersebut antusias sejak pagi menuggu peresmian gedung yang baru dibangun tersebut. Mereka rela mengantri untuk mendapat pengobatan gratis.

Pengobatan gratis yang digelar bersamaan dengan peresmian PKD itu juga diwarnai pembagian sembako gratis untuk warga kurang mampu.

Kades Sambirejo, Prihandoko menyampaikan bahwa sebelumnya Poliklinik berdiri di atas tanah milik ketua RT. Namun berkat perjuangan desa, akhirnya kini memiliki bangunan sendiri.

Baca Juga :  Duka di Tengah Peringatan HUT RI di Tanon Sragen. Kebakaran Dahsyat Ludeskan Rumah Warga Suwatu, 2 Keluarga Terpaksa Mengungsi 

“Allhamdulilah ini sekerang sudah selesai meskipun belum 100 %. Tapi Insyaallah ini untuk melayani sehingga kebutuhan kesehatan masyarakat bisa dilayani dengan baik,” paparnya kepada wartawan, di sela acara.

Sembari berjalan, nantinya akan dievaluasi kekurangan dan kebutuhan untuk penyempurnaan PKD. Dengan adanya gedung PKD yang baru, nantinya diharapkan bisa menjawab kebutuhan dan makin mendekatkan masyarakat terhadap kebutuhan layanan kesehatan.

“Nanti Bu Bidan yang bertugas juga akan menempati sini. Sehingga jika sewaktu-waktu ada warga yang membutuhkan pelayanan bisa dilayani dengan cepat. Kalau ada kekurangan, nanti juga ada pak dokter Kecamatan Plupuh,” jelasnya.

Baca Juga :  Perkembangan Terbaru Laporan RTLH Desa Jurangjero Karangmalang, Begini Penjelasan Polres Sragen 

Sementara, Kepala UPTD Puskesmas Plupuh 1, dr. Abdul azis mengatakan dengan terbangunnya gedung PKD di Desa Sambirejo diharapkan bisa memberi manfaat bagi masyarakat. Pihaknya mengapresiasi dukungan dari Pemdes dan Kades yang sudah menfasilitasi sehingga bisa terbangun terwujudnya PKD di desa yang berlokasi di jantung Kecamatan Plupuh itu.

“Mudah-mudahan bisa bermanfaat memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat, khususnya bagi ibu dan bayi balita,” urainya.

Peresmian PKD itu juga dimeriahkan dengan bakti sosial dari RSJD Solo. Humas RSJD Solo, Hardiyanto mengatakan ada 40 orang dari RSJD yang dikerahkan untuk membantu pelaksanaan pengobatan gratis maupun baksos.

Baca Juga :  Aksi Pencurian di Sragen Kembali Merajalela. Kios di Ngrampal Dibobol, Uang dan Dagangan Puluhan Juta Disikat Pencuri 

Dalam kesempatan itu, pihak RSJD juga sekaligus menyerahkan paket sembako untuk membantu 90 warga tidak mampu di Desa Sambirejo.

“Targetnya hari ini kami mungkin semampu obat yang kami miliki kalo sampai 150 pasien. Kami juga membawa bantuan sembako kami serahkan pada Pak Lurah (Kades) agar nanti dibagikan pada orang yang memang membutuhkan, terdapat 90 paket sembako,” ujarnya. Wardoyo

 

 

Iklan
Loading...