JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Kebakaran Hutan di Kepuhsari dan Pijiharjo Manyaran Wonogiri Capai 4 Hektare

Pemadaman kebakaran hutan di Manyaran Wonogiri.

IMG 20190807 WA0005
Pemadaman kebakaran hutan di Manyaran Wonogiri.

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM -Kebakaran lahan hutan rakyat terjadi di Kecamatan Manyaran, Wonogiri. Total luas lahan terbakar mencapai lebih dari 4 hektare.

Ada dua lokasi kebakaran di Manyaran. Yakni di Dusun Duwet, Desa Kepuhsari dan Dusun Jurang Desa Pijiharjo Kecamatan Manyaran.

Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri Bambang Haryanto, Rabu (7/8/2019) mengatakan, tidak ada upaya pemadaman secara langsung kendari titik api telah terlihat. Sehingga api berkembang meluas menyebar ke beberapa lokasi.

Baca Juga :  Tak Hanya Sekali, Dalam Sehari Satpol PP dan Tim Gabungan Gelar 2 Kali Razia Penerapan Protokol Kesehatan dan Ketaatan SE Bupati Selama PSBB alias PPKM di Wonogiri

Setelah mendapatkan laporan, upaya pemadaman dilakukan oleh relawan , BPBD bersama warga. Titik api menjalar di lokasi berjarak sekitar 500 meter dari pemukiman warga.

Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian tersebut. Areal lahan yang terbakar sekitar 4 hektare. Sedangkan kerugian material semak-semak berikut tanaman tegakan di atasnya dengan jenis pohon Sono dan Jati terbakar.

Baca Juga :  Klaster Pilkada Disebut Tidak Ada, yang Ada Yakni Klaster Libur Nataru, ini yang Menjadi Penyebab Lonjakan Kasus Positif COVID-19 di Wonogiri

“Upaya pemahaman kepada warga setempat untuk tidak membakar semak,” jelas dia. Aria