JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Listrik Padam di Jakarta Rugikan Triliunan Rupiah

tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  – Insiden listrik padam di kawasan DKI Jakarta selama hampir delapan jam, menimbulkan kerugian yang tidak main-main karena hampir semua aktivitas bisnis dan layanan publik lumpuh.

Wakil Ketua Umum Kadin DKI Jakarta, Sarman Simanjorang mengatakan kejadian tersebut merupakan sesuatu yang harus disikapi dan diantisipasi oleh pemerintah melalui PLN.

Sarman menyebutkan, dunia usaha dan pelayanan publik memiliki ketergantungan tinggi terhadap pasokan listrik sangatlah besar. Kerugian pengusaha sangat besar dan berdampak pada banyaknya pesanan barang dan jasa yang tidak terlayani.

Baca Juga :  Banjir dan Tanah Longsor di Bandung Barat, 9 Orang Hilang dan 300-an Warga Ngungsi

“Terus terang kami agak sulit menghitung angka kerugian. Namun, jika dilihat dari banyaknya sektor usaha dan pelayanan publik yang terimbas maka bisa mencapai triliunan (rupiah),” ujar Sarman, Senin (5/8/2019).

Sarman menilai, Industri Kecil Menengah (IKM) sangat terpukul dengan pemadaman listrik yang cukup lama ini seperti kuliner, konveksi, restoran cafe, katering. Bahkan pelayanan publik misalnya MRT, Kereta Commuterline, pintu tol, bahkan lalu lintas juga terhambat akibat tak ada pasokan listrik.

Menurut Sarman, kejadian tersebut juga berdampak pada ketidakpercayaan investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia, khususnya DKI Jakarta.

Baca Juga :  PPP dan TPN Ganjar-Mahfud Ajukan Gugatan PHPU di MK Hampir Bersamaan

Ia juga mempertanyakan tanggung jawab PLN kepada konsumen atau pelanggan korporasi atas pemadaman listrik yang terjadi kemarin. Pasalnya, konsumen tetap membayar tagihan rekening meski sudah mengorbankan sumber daya dan potensi bisnis yang dimiliki.

Sarman berharap Menteri BUMN Rini Soemarno dapat mengevaluasi kejadian ini dan segera menata Direksi PLN yang definitif untuk pelayanan yang lebih baik dan profesional.

“Apakah cukup dengan sekadar minta maaf atau direksinya mundur sebagai bentuk tanggung jawab?” ucap Sarman.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com