loading...
Loading...
Pengunjung rebutan air jamasan Larap Slambu Makam Pangeran Samudera di Gunung Kemukus, Sumberlawang, Selasa (11/9/2018). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM  Obyek Wisata Makam Pangeran Samudera Gunung Kemukus di Pendem Sumberlawang, Sragen kembali akan menggelar ritual larap slambu. Ritual akan digelar pada tanggal 1 Syura yang jatuh pada hari Minggu (1/9/2019) pagi.

Penanggungjawab Obyek (PJO) Gunung Kemukus, Marcellus Suparno mengatkan ritual larap slambu akan dimulai pukul 09.00 WIB. Ritual rutin tahunan itu juga akan dimeriahkan dengan hiburan seni karawitan dan tayuban pada malam harinya.

“Mulainya prosesi acara larap slambu Minggu (1/9/2019) pukul 09.00 WIB.” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM, Jumat (30/8/2019).

Baca Juga :  UMK Sragen Terendah Kedua di Solo Raya, Dinas Klaim Belum Ada Keberatan dari Pengusaha 

Prediksi pengunjung, ia memperkirakan antara 1.000 sampai 1.500 orang. Pihaknya tak mau muluk-muluk mengingat realitanya kondisi pengunjung saat ritual larap slambu beberapa tahun terakhir memang agak menurun dibanding ketika Gunung Kemukus beberapa tahun silam.

“Malam Jumat Kliwon kemarin saja, sepi. Mungkin banyak yang sekalian nunggu larap slambu. Sekarang agak sepi. Beda dengan beberapa tahun dulu,” terangnya.

Untuk pengunjung dari luar kota, biasanya sudah mulai berdatangan Sabtu (31/8/2019) atau sehari sebelum ritual digelar. Wardoyo

Baca Juga :  Asyik Mesum di Malam Jumat Keramat, Pengunjung Kemukus Ditemukan Jadi Mayat 

 

Loading...