JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Wiranto Kantongi Nama- nama Provokator Aksi Demontrasi di Papua

Wiranto / tempo.co
   
Wiranto / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Aksi demonstrasi di Papua yang terus berkepanjangan, ditengarai dipicu oleh ulah provokator.

Terkait dugaan itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menyebut sudah mengantongi nama-nama provokator tersebut.

“Saat terima laporan dari Kapolri, Panglima, dan Kepala BIN, memang kerusuhan ini ada yang menunggangi, komporin, provokasi,” kata Wiranto di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (30/8/2019).

Wiranto mengatakan, dalang kerusuhan tersebut sengaja mendorong agar terjadi kekacauan di Bumi Cendrawasih itu. Ia mengaku sudah mengantongi nama provokator itu, namun enggan menyebutkan secara spesifik.

Baca Juga :  Antisipasi Situasi Geopolitik dan Dampak Ekonomi Usai Serangan Iran ke Israel, Ini Strategi yang Diambil Menkeu Sri Mulyani

“Kita tahu siapa yang akan mendapat keuntungan dari kerusuhan dan kita peringatkan, siapapun dia hentikan itu. Karena itu hanya ingin membuat suasana instabil,” ujarnya.

Menurut Wiranto, pemerintah dan aparat penegak hukum telah melakukan berbagai upaya agar suasana di Papua berangsur-angsur pulih.

Ia mengaku sudah bertemu dengan tokoh masyarakat, pemuda, hingga perwakilan orang Papua yang duduk di Parlemen.

“Kita bicara apa yang terjadi di sana tidak dalam forum salah menyalahkan tapi bicara bagaimana segera kita bisa menghentikan kerusuhan, situasi menegangkan, situasi yang panas, bisa masuk suasana damai,” katanya.

Baca Juga :  Ketum PPP Hadir di Halalbihalal Golkar, Isyarat Gabung Kubu Prabowo?

Sebagaimana dijetshui, aksi unjuk rasa menyebar hampir di seluruh wilayah Papua selama dua pekan terakhir ini.

Mereka mengecam tindakan rasisme kepada mahasiswa Papua di Surabaya. Massa bahkan ada yang menuntut referendum kemerdekaan.

Kedatangan Wiranto ke Istana Presiden sendiri dalam rangka rapat terbatas mendadak yang digelar Presiden Jokowi.

Dalam rapat itu, Jokowi memberikan tiga arahan terkait penanganan demonstrasi di provinsi paling Timur Indonesia tersebut.  

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com