JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

783 Pendekar Santri Pagar Nusa Sragen Resmi Disahkan Jadi Warga Baru. Diingatkan Jaga Akhlak dan Kiai, Pengurus Tepis Isu Biaya Mahal 

Komandan Inti Pagar Nusa Sragen, Moh Ihwan Tasykuri MPD saat memberikan pengarahan pada warga baru Pagar Nusa yang disahkan tadi malam. Foto/Wardoyo
Komandan Inti Pagar Nusa Sragen, Moh Ihwan Tasykuri MPD saat memberikan pengarahan pada warga baru Pagar Nusa yang disahkan tadi malam. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Perguruan silat Pagar Nusa Kabupaten Sragen resmi mengesahkan 783 santri warga baru melalui prosesi pengesahan, Sabtu (7/9/2019) malam. Ratusan pendekar itu kini resmi memperkuat barisan perguruan Pagar Nusa Sragen yang sudah mencapai 6.000 warga.

Pengesahan digelar di Gedung Sasana Manggala Sukowati (SMS) yang dihadiri oleh Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Kapolres AKBP Yimmy Kurniawan, Forkompida, sejumlah pengurus Pimpinan Cabang Pagar Nusa Sragen, Banom, IPPNU, Fatayat, Muslimat dan lainnya.

Baca Juga :  Di Sragen Sehari 3 Warga Gantung Diri, di Brebes Seorang Kakek Juga Bunuh Diri Karena Tekanan Ekonomi

Ketua Panitia Pengesahan, Moh Ihwan Tasykuri MPD mengatakan 783 santri yang disahkan itu berasal dari 17 anak cabang di 17 kecamatan di Sragen.

Prosesi pengesahan meliputi registrasi, asma ingkung, pengarahan ke-NU-an dan kepagarnusaan serta ditutup seremonial pengesahan.

Menurutnya, dengan sudah disahkan, maka ratusan santri pendekar itu sudah resmi menjadi warga Pagar Nusa Sragen. Mereka diharapkan bisa menjaga soliditas serta marwah Pagar Nusa untuk senantiada menjaga kiai dan keutuhan NKRI.

“Pagar Nusa ini mendidik santri menjadi orang yang akhlakul karimah. Artinya ilmu bela diri yang mereka miliki harus digunakan untuk membenahi akhlak, kemaslahatan umum dan yang terpenting menjaga kiai dan NU,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Sabtu (7/9/2019) malam.

Baca Juga :  Sosok Oemarsono, Pejabat Hebat Asli Putra Sragen Meninggal Dunia. Pernah Jadi Bupati, Wakil Gubernur Hingga Gubernur di Luar Jawa

Ihwan menguraikan Pagar Nusa lebih banyak hadir untuk membentengi anak-anak muda berbasis santri agar tidak terjerumus ke hal negatif, termasuk narkoba. Kehadiran Pagar Nusa juga sedikit banyak memperbaiki mereka yang sudah terjerumus.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua