JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Awas, Ada Puluhan Notaris Abal-abal Berkeliaran di Sragen. Masyarakat Diminta Cermat dan Waspada! 

Ilustrasi sertifikat
Ilustrasi sertifikat

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Masyarakat di Sragen diminta mewaspadai keberadaan notaris abal-abal yang melakukan praktik layanan jasa pengurusan penyertifikatan tanah. Pasalnya keberadaan mereka berpotensi merugikan masyarakat dan bisa berujung pada penipuan.

Maraknya praktik notaris abal-abal itu diungkapkan oleh Ketua Ikatan Notaris Indonesia Kabupaten Sragen, Tulus Dwi Mulyanto. Kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , ia mengatakan jumlah notaris yang resmi tergabung dalam INI Sragen sejauh ini ada 55 orang.

Namun realita yang ada di lapangan, banyak oknum yang mungkin tidak memiliki SK Notaris, tapi nekat membuka layanan layaknya notaris resmi.

Baca Juga :  Oknum Perangkat Desa yang Didemo Karena Diduga Mesum Ternyata Dikenal Takmir Masjid dan Sering Pimpin Doa. Warga Tanon: Kami Malu, Masak Khilaf Terus-Terusan!"

“Dengan banyaknya notaris, harapannya masyarakat akan makin teredukasi. Karena di Sragen ini, kami amati ada puluhan oknum yang sebenarnya nggak punya SK notaris, tapi mereka membuka layanan layaknya notaris. Punya kantor dan papan nama tapi nggak punya SK,” paparnya.

Tulus menguraikan notaris abal-abal itu bahkan juga ada yang punya staff atau pegawai. Akan tetapi, secara legal formal mereka tidak resmi atau terbilang tak ubahnya seperti praktik makelar.

Baca Juga :  Angin Kencang Mengamuk di Tanon dan Plupuh Sragen. 20 Rumah Dilaporkan Tersingkap, Sejumlah Pohon Tumbang Bikin Macet Jalan

Praktik notaris abal-abal itu memang harus diwaspadai karena bisa merugikan masyarakat.

Tulus mencontohkan, baru-baru ini terungkap kasus penipuan di Jakarta yang melibatkan peran notaris palsu dengan kerugian mencapai angka Rp 400 miliar.

Praktik notaris abal-abal itu biasanya menawarkan jasa menguruskan balik nama atau penyertifikatan tanah. Namun selain waktunya lama, biaya kadang dipermainkan dan dipatok tinggi dengan berbagai dalih.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua