JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Geopark Gunung Sewu Gunungkidul Berhasil Pertahankan Status dari UNESCO

Sebuah perahu nelayan sedang berlabuh di pantai Gesing, Gunungkidul. Dok

GUNUNGKIDUL, JOGLOSEMARNEWS.COM – Gunung Sewu di Kabupaten Gunungkidul kembali mempertahankan keanggotaannya di UNESCO Global Geopark (UGG).

Hasil itu didapat dari simposium Asian Pacific Global Network (APGN), di Rinjani, Lombok 2-6 September 2019 lalu.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Hary Sukmono, mengatakan hasil dari UGG Geopark Gunung Sewu mendapatkan green card.

“Berdasar sidang dewan UNESCO, menyimpulkan bahwa hasil revalidasi Geopark Gunung sewu masih dinilai layak untuk menjadi anggota UGG,” ucapnya.

Baca Juga :  Libur Panjang di Yogyakarta, 1.009 Personel Polisi Diterjunkan untuk Pengamanan

Menurut Hary, hasil tersebut sesuai dengan harapan pemkab Gunungkidul yang tetap optimis dalam mempertahankan status keanggotaannya.

“Resminya baru akan diberikan saat acara UGG di Jeju, Korea Selatan pada tahun depan. Revalidasi sukses dan status UNESCO berhasil dipertahankan. Dalam penilaian ulang ada beberapa poin yang membanggakan seperti masyarakat berperan aktif dalam menjaga kelestariannya,” katanya.

Baca Juga :  Buat Tutorial Penjernihan Air Kapur, Santriwati Asal Gunungkidul Ini Juara I Nasional

“Selain itu, keberadaan situs juga berperan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Status UGG ini sangat penting bagi keberadaan Gunung sewu,” ujarnya.

Karena sambung Hary, dengan adanya status tersebut bertujuan untuk menjaga konservasi, edukasi, dan pemberdayaan masyarakat.

“Pengukuhan memanglah penting tetapi yang lebih penting lagi adalah keberadaan Gunung sewu dapat memberikan manfaat kepada masyarakat di sekitarnya,” katanya.

www.tribunnews.com