loading...
Loading...

PALEMBANG, Joglosemarnews.com – Kabuat asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) masih berdampak buruk bagi jadwal penerbangan. Tercatat, sebanyak 14 penerbangan yang datang dan berangkat di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB II) Palembang tertunda lantaran jarak pandang untuk aktivitas pesawat terganggu.

General Manager Airnav Indonesia Cabang Palembang, Ari Subandrio mengatakan, 14 penerbangan itu terdiri dari delapan penerbangan datang dan enam penerbangan berangkat.

“Delay yang hari ini memang agak lama dibanding sebelumnya di mana sekitar 30 menit sampai satu jam,” katanya saat dikonfirmasi wartawan, Senin (23/9/2019).

Baca Juga :  PKB Terima Gerindra Masuk Koalisi, Cak Imin: Harus Jadi Makmum Masbuq

Ari mengatakan, pihaknya selalu menginformasikan jarak pandang kepada maskapai berdasarkan update info Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang diterima Airnav setiap 30 menit. Bahkan BMKG mengupdate info bisa dalam kurun tiap 20 menit hingga 10 menit.

Dia menjelaskan, setelah menyampaikan informasi jarak pandang kepada maskapai, pihak maskapai menyesuaikan operasional penerbangan dan kedatangan.

Baca Juga :  Prabowo Gencar Safari Politik, PKB Minta Gerindra Dipikir Belakangan Saja

Diketahui, jarak pandang normal untuk maskapai melakukan lepas landas ataupun mendarat adalah 800 meter. Namun jarak pandang saat kabut asap bisa mencapai titik terendah hingga 300 meter.

Ari mengemukakan kabut asap yang terjadi akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) belakangan ini memang mengganggu pelayan navigasi penerbangan.

“Penerbangan tertunda menyesuaikan dengan jarak pandang, apabila jarak pandang sudah penuhi persyaratan maka bisa mendarat atau terbang, kami berupaya memastikan penerbangan aman,” ujarnya.

Baca Juga :  PNS Bisa Dipecat Jika Terbukti Sebar Ujaran Kebencian di Medsos

Adapun 14 penerbangan yang ditunda, seperti rute kedatangan Pangkal Pinang, Batam, Kuala Lumpur, Pekan Baru dan Jakarta. Selain itu ada pula rute berangkat ke Jakarta, Bengkulu, Pangkal Pinang dan Batam yang tertunda hari ini.

Ada pula maskapai Air Asia rute Kuala Lumpur-Palembang yang seharusnya mendarat pukul 09.00 menjadi pukul 10.33 WIB setelah holding (berputar) di langit Palembang dan dialihkan ke Johor Baru.

www.tempo.co

Loading...