loading...
Loading...
Kepala Dinas Perhubungan Kota Surakarta, Hari Prihatno (kiri) mewakili Walikota Surakarta menerima Piala Wahana Tata Nugraha 2019 yang diserahkan oleh Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi  di Jakarta Convention Centre (JCC), Minggu (15/9/2019). Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM- Kota Solo mendapatkan penghargaan Piala Wahana Tata Nugraha 2019. Piala diterima langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Surakarta, Hari Prihatno mewakili Walikota Surakarta dari Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi yang didampingi oleh Sekjen Kemenhub, Djoko Sasono di Jakarta Convention Centre (JCC), Minggu (15/9/2019).

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menyampaikan Tahun 2019 ini Kementerian Perhubungan Republik Indonesia menganugerahkan Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) kepada sejumlah Pemerintah Provinsi, Kota/Kabupaten. Para pemenang dinilai telah mampu menata transportasi publik dan lalu lintas di daerahnya dengan baik.

Baca Juga :  SD Marsudirini Raih Juara I Lomba PHBS

“Ini merupakan apresiasi dari pemerintah pusat kepada pemerintah provinsi, kota dan kabupaten serta operator yang telah memenuhi kriteria-kriteria dalam memfasilitasi layanan transportasi yang baik bagi masyarakat, ini merupakan momen penting dalam rangka menyongsong Indonesia unggul dan maju terutama dalam hal transportasi darat,” urainya dalam rilis, Selasa (17/9/2019).

Menhub pun berharap dengan adanya piala WTN ini dapat mendorong daerah-daerah lain untuk membangun sistem transportasi yang terintegrasi guna mendorong perekonomian daerah. Dan berharap semoga angkutan transportasi ini akan lebih baik, mudah, cepat dan murah, dan juga ramah lingkungan,

Baca Juga :  Rektor UMS bertemu Sekjen Liga Perguruan Tinggi Islam Arab, Jajaki Kerjasama dengan PTM

Ada beberapa kriteria dalam penilaian WTN tahun ini. Pertama, sistem lalu lintas yang baik dan terpadu serta terintegrasi. Kedua, sarana transportasi yang baik, mulai armada angkutan umum dan komponen pendukungnya.Ketiga prasarana angkutan umum, seperti terminal, halte, pedestrian, rambu-rambu lalu lintas dan lainnya. Keempat faktor umum yang mendukung penyelenggaraan dan pelayanan angkutan umum di daerah termasuk inovasi dan terobosan baru yang mereka hasilkan.
Kelima perhatian dan kepedulian Pemda kepada angkutan umum, termasuk politik penganggaran dalam APBD khususnya yang dialokasikan untuk angkutan umum.

Baca Juga :  SOLOPEDULI Tambah Ambulan Gratis Untuk Wilayah Sukoharjo

Dari hasil penilaian ditetapkan 92 Provinsi, Kota serta Kabupaten yang berhak mendapatkan Piala Penghargaan WTN tahun 2019 yang dibagi dalam tiga kategori. Pertama Piala Tata Negara Wiratama yaitu kepada 15 Pemerintah Provinsi yang menerima penghargaan WTN tahun 2019 terbanyak untuk Kabupaten/Kota dalam satu Provinsi, kedua Piala Wahana Tata Negara dengan Catatan diserahkan kepada 38 Kabupaten/Kota, dan Ketiga Piala Wahana Tata Negara Tanpa Catatan diberikan kepada 39 Kabupaten/Kota termasuk Kota Surakarta yang menerima Piala WTN tanpa catatan. Triawati PP

Loading...