JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Pemerintah Segera Buka Akses Internet di Papua Tapi dengan Syarat…

Warga Papua memakai pakaian adat dan menari dalam acara Yospan Papua saat Car Free Day di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (1/9/ 2019) / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  – Pemerintah siap membuka kembali akses internet di Papua, dengan catatan situasi dan kondisinya sudah aman dan kondusif.

Demikian ditegaskan oleh Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto.

“Pasti dibuka. Kalau sudah damai untuk apa kita ‘blocking’ medsos dan internet di Papua,” kata Wiranto saat memberikan keterangannya kepada wartawan di sela-sela acara musik dan tari ‘Yospan Papua’, di sela-sela kegiatan Car Free Day (CFD) Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu (1/9/ 2019).

Baca Juga :  Polisi Ungkap Ada Dugaan Tindak Pidana dalam Insiden Kebakaran di Kejakgung, Sebut Asal Api Bukan Akibat Korsleting

Selain itu, aparat keamanan TNI-Polri di Papua pun akan ditarik kembali bila situasi di provinsi tersebut aman dan damai.

“Jangan mendahului sesuatu. Kita tunggu dulu, situasi baru mulai aman dan damai. Nanti, kita tunggu. Sabar dan tenang,” ujar Wiranto.

Ia mengklaim situasi terkini di Papua dan Papua Barat sudah mulai kondusif. “Pagi tadi saya dapat laporan bahwa Papua dan Papua Barat sudah kondusif,” katanya.

Menurutnya, semua wilayah di Papua dan Papua Barat sudah damai. Kehidupan di sana sudah mulai berjalan, pertokoan pun sudah mulai buka.

Baca Juga :  Mutilasi di Kresek dalam Koper, Polisi Kantongi Identitas Pelaku

“Kita bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dan terima kasih kepada teman-teman di Papua dan Papua Barat yang sudah sadar bahwa tidak perlu kita berkelahi, tidak perlu kita anarkis, tidak perlu kita bakar-bakaran. Kalau bakar makanan boleh, bakar batu boleh, asal jangan bakar bangunan dan bakar fasilitas umum,” ujarnya.

www.tempo.co

Warga Papua memakai pakaian adat dan menari dalam acara Yospan Papua saat Car Free Day di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (1/9/ 2019) / tempo.co