loading...
Loading...
Sejumlah warga di salah satu lokasi pengungsian. Dok. BNPB

KOTA BATU, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sedikitnya satu orang tewas dan ratusan orang mengungsi akibat bencana angin kencang Minggu (20/10/2019) Pukul 19.30 WIB di Desa Sumberbrantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu.

Agus Wibowo, Kapusdatin dan Humas BNPB, Senin (21/10/2019) menyebutkan 1 orang meninggal dunia dan beberapa orang luka-luka, dan sekitar 550 orang mengungsi, Pagi ini kecepatan angin sudah menurun dan pemulihan darurat akan segera dilakukan.

Korban meninggal aras nama Sodiq (66). Korban tertimpa pohon pinus diameter 25 sentimeter.

“Angin kencang melanda Desa Sumberbrantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu sejak Sabtu malam (19/10) sekira pukul 23.30 WIB, sampai pada hari Minggu, 20 Oktober 2019 angin masih berhembus kencang,” kata dia.

Baca Juga :  Menristek: Dana Riset Tahun 2020 Sekitar Rp 30 T

Seluruh wilayah Desa Sumberbrantas hampir seluruhnya lumpuh. Banyak pohon tumbang yang mengganggu akses jalan raya dan mengancam beberapa bangunan rumah maupun dan fasilitas umum. Hingga saat ini listrik masih padam dan mengganggu jaringan komunikasi.

Para pengungsi saat ini tersebar di sejumlah titik. Meliputi posko PB BPBD Kota Batu, Rumas Dinas Walikota, Balai Desa Punten, dab Balai desa Tulungrejo

Rekomendasi terkait peristiwa itu, jelas dia, yakni mengevakuasi seluruh warga yang berada di Desa Sumberbrantas. Untuk pertimbangan keamanan dan keselamatan, jalur lalu lintas Kota Batu – Mojokerto via Cangar ditutup. TNI, Polri, dan Satpol PP mengamankan lokasi terdampak yang ditinggalkan. Aria

Loading...