JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

12 Wamen Bisa Bikin Kabinet Gemuk dan Lambat Ambil Keputusan

tempo.co
loading...

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Maunya Kabinet Indonesia Maju bergerak dengan cepat, namun kehadiran 12 Wakil Menteri justru dinilai membuat kabinet makin gemuk.

Hal itu, menurut Direktur Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno, justru berpotensi membebani Presiden Jokowi dan menyulitkan pengambilan keputusan.

“Biasanya obesitas kabinet itu menandakan akan terjadi pelambatan-pelambatan dalam pengambilan keputusan,” kata Adi dalam Diskusi Polemik MNC Trijaya bertajuk ‘Kabinet Bikin Kaget’ di D’Consulate Lounge, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (26/10/2019).

Baca Juga :  Bersikeras Hendak Bebaskan Napi Korupsi Tua, Yasonna Bantah Gunakan Dalih Virus Corona

Adi mencontohkan yang terjadi di periode kedua pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2009-2014. Menurut dia, keputusan-keputusan strategis sulit diambil karena perlu banyak kompromi.

Adi juga menilai Kabinet Jokowi dibentuk atas nama akomodasi, termasuk dalam penunjuka wamen. Saat ini ada 12 wamen, lebih banyak dari periode pertama yang hanya tiga wamen.

Menurut dia, keberadaan wamen paradoks dengan keinginan Jokowi melakukan reformasi birokrasi dengan memangkas jabatan eselon 3 dan 4.

Baca Juga :  MAP Unisri Kembali Raih Akreditasi Peringkat B dari BAN PT

www.tempo.co