loading...
Loading...
kebakaran
Ilustrasi kebakaran hutan

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kebakaran yang melanda kawasan hutan di Lereng Lawu Karanganyar terus meluas. Kali ini, kobaran api kian menjadi terutama melahap kawasan hutan di bukit Dusun Plalar, Desa Tengklik, Kecamatan Tawangmangu.

Data terakhir yang dihimpun, luas hutan yang sudah dijamah kobaran api mencapai 20 hektare. Titik api terdeteksi di Petak 63B Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Tambak Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lawu Utara.

Kobaran terus meluas sejak awal pertama diketahui Senin (21/10/2019) malam sekira pukul 21.30 WIB.

Wakil Administratur Perum Perhutani KPH Surakarta, Muhammad Farkhan Masykur menyampaikan, angin kencang dan medan terjal serta tebing menjadi kendala dalam proses pemadaman.

Baca Juga :  Dishut Jateng Ungkap Fakta 600.000 Hektare Lahan Masuk Daftar Kritis. Ada 12.000 Hektare di Karanganyar 

“Data sementara total ada sekitar 20 hektare yang terbakar. Ini masih menyala. Pemadamannya, kami bikin ilaran untuk menyekat api agar tidak melebar dan merambat lagi,” paparnya kepada wartawan Kamis (24/10/2019).

Kebakaran di Plalar Tawangmangu, bahkan diperkirakan mengarah ke Wana Wisata Pringgodani.

Selain di Plalar, kebakaran juga melanda hutan di Desa Anggrasmanis Kecamatan Jenawi pada Senin (21/10/2019) pukul 10.00 WIB.

Kebakaran di Petak 63a-1 RPH Nglerak BKPH Lawu Utara itu menghanguskan lahan seluas 10 hektare.

“Sebagai antisipasi, kami membuat ilaran supaya tidak menjalar. Saat ini relawan masih menyisir titik asap. Kebakaran itu mengarah ke Pos 2 jalur pendakian Candi Cetho,” terangnya.

Baca Juga :  Mobil Dinas Jeep Rubicon Rp 2 M Bupati Karanganyar Banjir Kecaman. Sejumlah Elemen Sesalkan Uang Rakyat Dihambur-Hamburkan Hanya Untuk Gagah-Gagahan!

Selanjutnya, Asisten Perhutani (Asper) BKPH Lawu Utara, Widodo menyampaikan, para petugas dan relawan sudah melakukan pemadaman di Plalar Tawangmangu pada ketinggian 1.754 mdpl.

Mengingat medan yang berbukit dan terjal, upaya pemadaman tidak bisa dilakukan hingga malam. Wardoyo

 

Loading...