JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Indonesia Terpilih Sebagai Tuan Rumah FIFA World Cup U-20 2021, Pemkot Solo Langsung Lakukan Persiapan

Stadion Manahan. istimewa
loading...
Stadion Manahan. istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta langsung melakukan persiapan lebih lanjut setelah mendapatkan kabar terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021 oleh (Federation Internationale of Football Association) FIFA. Pasalnya, Stadion Manahan ditunjuk menjadi salah satu dari 10 venue yang diajukan.

Menyikapi hal itu, Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengaku telah mengirimkan surat ke Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk melakukan persiapan sepanjutnya.

“Sudah ada persiapannya, dua minggu lalu kita sudah menyampaikan surat ke PSSI dan KONI pusat untuk memberikan anggaran pembenahan harapan saya, pokoknya kita harus siap, itu kan 2021, makanya kita mestinya harus segera berbenah, untuk kemarin yg dirokemendasikan lapangan latihan dan pemanasan itu kita sudah siapkan 6 lahan ada Stadion Sriwedari, Kottabarat, UNS, dan lain-lain, nanti Kottabarat akan kita perlebar juga. Nanti melengkapi persyaratan yang ditentukan oleh FIFA, ada ruang ganti dan toilet yang utama,” paparnya, Jumat (25/10/2019).

Baca Juga :  2 Pasien Sembuh dari Corona Asal Jateng Dirawat di Solo Berbagi Cerita dengan Ganjar, Pesan Poerwanti untuk Masyarakat: Dirumah Dulu Saja

Selanjutnya, imbuh Rudy, pihaknya segera melakukan kajian dan detail engineering desain (DED) jika balasan dari KONI maupun PSSI telah didapatkan.

“Ini menggembirakan, namun juga tantangan buat kita, serta harus jadi motivasi buat persepakbolaan Indonesia menunjukan pada mata dunia, bahwa pemain, official, dan suporter harus bisa berlaku sopan kedepannya,” tukasnya.

Seperri diketahui, Presiden FIFA Gianni Infantino dalam rapat dewan FIFA di Shanghai, China, Kamis (24/10/2019) siang waktu setempat. Indonesia berhasil menyingkirkan bidding dari Brazil dan Peru. Bagi Rudy keputusan merupakan kabar gembira dan momentum pelecut motivasi bagi persepakbolaan tanah air.

Baca Juga :  Pemkot Solo Siapkan RSUD Bung Karno Untuk Tampung ODP dan PDP Corona

Sementara itu, selain Stadion Manahan Solo, sembilan stadion lain yang diajukan PSSI dalam bidding perhelatan akbar sepak bola dua tahunan di kelompok U-20 itu yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Wibawa Mukti (Cikarang), Stadion Pakan Sari (Bogor), Stadion Patriot (Bekasi), Stadion Mandala Krida (Yogyakarta), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion I Wayan Dipta (Bali). Triawati PP