JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Ini 5 Ciri Anak Kecanduan Permainan di Ponsel, Salah Satunya Merasa Cemas Jika Tidak Bermain Game, Segera Bawa ke Psikiater Jika Tampak

madu borneo
madu borneo
madu borneo

anak bermain game
Ilustrasi anak bermain game di ponsel. pexels

JOGLOSEMARNEWS.COM – Saat ini smartphone sangat akrab dengan setiap orang mulai dari orang dewasa, remaja bahkan anak-anak. Salah satu fasilitas yang populer pada smartphone adalah game.

Bagai pedang bermata dua smartphone bisa memudahkan penggunanya untuk menunjang aktivitas, tetapi juga bisa menimbulkan sesuatu yang tidak baik.

Sudah jamak, hampir sebagian besar anak menyukai permainan yang ada di alat ini.

Sub Spesialis Kesehatan Jiwa Anak dan Remaja, Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Jawa Barat, dr Lina Budianti menjelaskan ciri-ciri anak yang kecanduan bermain game khususnya untuk pasien yang kecanduan main game di ponsel.

Dia menuturkan, ciri-ciri anak yang kecanduan ponsel ada 11, tetapi kreteria yang masuk pada kencanduan bermain game ada lima kreteria di antaranya tidak proporsional ketika bermain game melalui ponsel.

Baca Juga :  Jadikan Kulit Sehat dan Bersina dengan 3Rutinitas Pagiini, Diawali dengan Minum Air Putih

“Pasien yang kecanduan bermain game itu, lebih mementingkan game-nya dari pada melakukan hal postif lainnya. Kalau anak-anak, kan, harusnya belajar tapi itu diabaikan,” ujarnya saat ditemui di di RSJ Provinsi Jawa Barat, Cisarua, Selasa (15/10/2019).

Selain itu, kata dia, anak yang kecanduan bermain game juga biasanya merasa cemas ketika tidak melakukan hal itu, seperti orang yang sudah kecanduan obat-obatan terlarang.

Jika dilihat waktunya, mereka kerap bermain game pada ponsel itu 6 hingga 8 jam per hari, sedangkan untuk orang yang tidak kecanduan, biasanya hanya melakukan hal itu sekitar dua jam saja.

kecanduan game
Sub Spesialis Kesehatan Jiwa Anak dan Remaja, RSJ Provinsi Jawa Barat, dr Lina Budianti (kiri) dan Direktur RSJ Provinsi Jawa Barat, dr Elly Marliyani (kanan). (Tribunjabar/Hilman Kamaludin)

“Biasanya mereka bermain game berlebihan itu karena depresi karena sering di-bully, tidak nyaman ketika berada pada keramaian, akhirnya dia mengalihakan ke main game agar mendapatkan rasa senang,” katanya.

Baca Juga :  Jika Ingin Berat Badan Cepat Turun Lakukan Kebiasaan Ini Usai Berolahraga

Untuk pengobatan anak yang kecanduan ponsel tersebut, dimulai dari pengobatan depresinya terlebih dahulu, kemudian mereka diberhentikan agar tidak bermain game lagi.

“Agar mereka bisa lepas dari main game itu waktunya minimal tiga bulan. Itu merupakan terapi perilakunya untuk memutus paparan main game-nya,” ujar Lina.

Disinggung ketika anak mengamuk atau menangis ketika diambil paksa ponselnya saat bermain game, dia mengatakan, hal tersebut juga menjadi pertanda bahwa anak sudah mulai kecanduan.

“Jadi kalau orangtua melihat ada indikasi seperti itu, harus langsung diperiksa ke orang yang profesional bisa ke psikeater untuk dilakukan asesment,” ucapnya.

www.tribunnews.com

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Ciri-ciri Anak Kecanduan Gadget, Ada Lima yang Paling Terlihat, Segera Bawa ke Psikiater Jika Tampak, Artikel Asli